Perbedaan Antara Susu UHT dan Susu Formula

Perbedaan Antara Susu UHT dan Susu Formula

Perbedaan Antara Susu UHT dan Susu Formula

Anak anak yang sudah mulai lepas dari ASI biasa nya akan di lanjut minum susu formula nya lebih rutin lagi. Karena menurut pengalaman anak yang minum ASI agak susah kalau disuruh minum susu formula, kalau benar-benar si anak yang menginginkan nya dan sudah tidak minum ASI lagi.

Selain susu formula terkadang ibu memberikan susu UHT juga karena lebih praktis tanpa di buat dan langsung minum. Nah terkadang timbul pertanyaan, lebih baik mana sih memberikan susu formula atau susu UHT?mari kita bahas satu persatu dulu.

Susu formula adalah susu dari susu sapi segar yang di proses yang di beri tambahan zat seperti protein, lemak lalu di keringkan. Sedangkan susu UHT atau Ultra High Temperature adalah susu yang melalui tahap sterilisasi dengan suhu 135- 145 derajat.

Susu ini di panas kan agar mikroorganisma dan sopra mati. Dan waktu pemanasan tidak terlalu lama kurang lebih 3-5 detik, pemanasan yang singkat ini bertujuan agar nilai gizi yang terkandung dalam susu tersebut tidak hilang dan rasa nya sama seperti susu segar aslinya.

Kalau kita bandingkan lebih baik mana susu formula atau susu UHT? dilihat dari proses pembuatan nya susu UHT lebih baik karena diolah dengan suhu yang tinggi dan waktunya lebih singkat sehingga kandungan nilai gizi nya pun tidak akan berkurang banyak.

Untuk harga ya pun relatif lebih murah, ini di karena kan biaya untuk mengemas susu UHT tidak terlalu mahal dan pengerjaan nya pun cukup mudah, itulah yang menyebabkan susu UHT lebih murah di banding dengan susu formula yang di kemas lebih seperti menggunakan alumunium foil kemudian pembuatan kotak nya atau kaleng yang harus standart tinggi agar kandungan susu tidak berkurang dan tidak mudah rusak.

Untuk masa waktu untuk menyimpan sebelum di buka kemasan nya, susu UHT dapat bertahan enam sampai sepuluh bulan itu pun tanpa bahan pengawet dan karena di panas kan dengan suhu yang tinggi maka susu UHT higienis.

Dan untuk susu formula karena dia melalui tahap perubahan yang tadi nya susu cair kemudian di keringkan menjadi bubuk dengan menggunakan spray dryer maka resiko 30 persen dari protein yang terkandung di dalam susu, dan pengolahan yang lebih banyak melalui tahapan juga dapat merusak dan mengurangi kandungan gizi dari susu seperti vitamin dan mineralnya.

Nah sekarang tinggal kita yang menentukan mana yang terbaik untuk anak kita susu formula atau susu UHT ?tetapi yang lebih penting lagi kita juga memebrikan asupan makanan yang bergizi supaya anak kita tumbuh sehat dan cerdas.

Ikuti Index Artikel dan Berita

#TUMBUH KEMBANG ANAK

Label Posts:

susu UHT vs susu formula, susu uht itu apa sih, susu uht adalah, apa sih susu uht, perbedaan susu uht dan susu formula, susu uht, perbedaan susu formula dan susu uht, gambar susu UHT, susu uht itu seperti apa, perbedaan susu uht dan formula,

One Response

  1. CINTIA ANGGRAINI

Tinggalkan Balasan