4 Hal Penting Dalam Tumbuh Kembang Anak Yang Mungkin Anda Harus Ketahui

4 Hal Penting Dalam Tumbuh Kembang Anak

Inilah 4 Hal Penting Dalam Tumbuh Kembang Anak

Anugerah terindah

Buah hati seyogyanya menjadi pelengkap setiap rumah tangga kecil. Tak salah bila akhirnya beberapa pasangan menyambut suka cita kehadiran buah hati ke dunia. Bahkan mereka tak sungkan-sungkan mempersiapkan segala sesuatu terbaik untuk sang anak. Walaupun harus merogoh kocek dalam, mereka tetap tak ragu untuk memberikan yang terbaik. Sayangnya, tak hanya semua itu yang dibutuhkan oleh buah hati, tetapi juga bagaimana kesiapan mental orang tua untuk merawat dan mendidik mereka kelak.

Tumbuh kembang anak sudah seharusnya menjadi fokus utama para pasangan. Mengingat anak terlahir bagai selembar kertas putih yang tak ternoda dan orangtualah yang wajib mendidik mereka. Untuk itu, sudah seharusnya setiap pasangan belajar mengurus buah hati. Memperhatikan tumbuh kembang mereka dari hari ke hari dan tak melewatkan momen berharga. Pasalnya, masa-masa emas seorang anak tak akan terulang kedua kali di masa mendatang.

Fokus tumbuh kembang

Agar Anda tak salah mendidik anak yang tak sesuai dengan tingkatan usia mereka, ada baiknya memperhatikan beberapa hal berikut.

  1. Jangan memaksakan anak mengikuti pendidikan prasekolah

Sebenarnya memang tak salah jika Anda ingin mengoptimalkan kecerdasan buah hati. Hanya saja Anda pun harus memperhitungkan apakah mereka snaggup mengikutinya atau tidak. Bisa-bisa anak akan sering mengeluh bahkan mogok sekolah karena tidak sesuai dengan mood mereka. Oleh karena itu, perhatikan pula kondisi sosial buah hati yang bisa menstimulasi mereka. Umumnya anak-anak masih suka mengikuti teman sebaya dalam berbagai hal.

  1. Pengenalan bahasa pada anak

Layaknya berhitung, anak-anak pun sebenarnya dengan mudah menyerap ilmu yang kita ajarkan. Tak salah bila beberapa orang menganggap usia emas sebagai waktu yang pas menyekolahkan mereka. Padahal tidaklah demikian, anak-anak masih membutuhkan waktu bermain di masa golden age. Anda boleh saja memperkenalkan bahasa asing kepada mereka, asal dengan catatan mereka telah menguasai bahasa ibu. Ini sangat penting diperhatikan agar anak lebih mudah berkomunikasi dengan sekitar.

  1. Ajarkan anak-anak mentaati aturan

Kita hidup di tengah masyarakat yang dipenuhi aturan dan norma-norma sosial. Aturan inilah yang nantinya membatasi ruang gerak kita agar tak begitu berlebihan dan melanggar tata kesopanan. Anak pun sebenarnya wajib mengikuti segala aturan yang diterapkan tersebut, entah oleh Anda ataupun masyarakat. Pelajaran kedisiplinan ini bisa dimulai ketika anak menginjak usia 3 tahun. Anda bisa memulainya dari hal kecil, misalkan saja memberikan hukuman ketika anak tak menuruti aturan ringan yang Anda terapkan.

  1. Ukur kemampuan anak dengan usia mereka

Anak pintar memang merupakan anugerah dan kebanggaan tersendiri bagi para orangtua. Anda mungkin ingin menonjolkan kemampuan mereka, tetapi jangan terlalu berlebihan. Cobalah untuk tetap memperhatikan apakah usia mereka sesuai dengan kemampuan yang dimiliki.

Ikuti Index Artikel dan Berita

#TUMBUH KEMBANG ANAK

Leave a Reply