Tingkatkan Kecerdasan Anak Sejak Usia Dini

Tingkatkan Kecerdasan Anak Sejak Usia Dini

Tingkatkan Kecerdasan Anak Sejak Usia Dini

Cerdas selama hamil

Siapa yang tidak ingin memiliki anak cerdas nan kritis? Pastinya semua orangtua menginginkan hal tersebut. Terlebih bila buah hati merupakan anugerah yang telah ditunggu-tunggu setelah sekian tahun pernikahan. Tentunya mereka menaruh harapan besar dengan kehadiran buah hati di tengah-tengah keluarga tercinta. Begitu pula halnya dengan Anda, pastinya Anda pun tak akan melewati sedetik pun mengamati tumbuh kembang mereka sehari-hari.

Perkembangan otak anak sebenarnya dimulai sejak mereka berada di dalam kandungan. Itulah mengapa beberapa dokter sangat menyarankan Anda memperdengarkan lagu jazz ataupun lantunan ayat suci Al-Qur’an. Walaupun mereka berada di dalam rahim, mereka ikut mendengarkannya. Inilah mengapa sebagian besar dari bayi mampu merespon dengan gerakan di dalam rahim. Ketika lahir pun, Anda bisa melihat bagaimana pesatnya perkembangan otak buah hati.

Stimulasi yang Anda berikan selama masa kehamilan pun ternyata menentukan pertumbuhan otak tersebut. Karena dengan begini akan ada sinaps otak yang terbentuk kuat dan tidak berjalan atau mati sama sekali. Salah-salah, Anda bisa mendapati tumbuh kembang otak anak terjadi secara tidak normal. Oleh karena itu, jangan lupa untuk mengkonsumsi sumber nutrisi yang dibutuhkan selama masa kehamilan. Gangguan pada masa kehamilan bisa berdampak pada kemampuan kognitif buah hati.

Nutrisi selama kehamilan

Setidaknya, ada beberapa nutrisi yang dibutuhkan oleh buah hati selama masa kehamilan, yaitu.

  1. Protein

Sumber nutrisi yang satu ini bisa kita jumpai pada daging merah ataupun telur. Protein diketahui mampu membantu pertumbuhan sel serta fungsi otak anak selama di dalam rahim. Tak hanya itu, kebutuhan protein yang tercukupi akan menghindari mereka dari bahaya infeksi. Itulah mengapa Anda perlu mengkonsumsi makanan 4 sehat 5 sempurna selama masa kehamilan. Tak perlu berdiet jika ingin anak terlahir sehat ke dunia.

  1. Karbohidrat

Karbohidrat adalah salah satu sumber energi yang sangat dibutuhkan tubuh. Dengan begini, tubuh bisa menjalankan setiap aktivitas tanpa merasa letih ataupun lemas. Sumber karbohidrat yang paling umum dikonsumsi masyarakat Indonesia adalah nasi. Selain nasi, sebenarnya Anda bisa mengkonsumsi kentang, umbi-umbian ataupun jagung. Kandungan gula di dalam nasi bisa dikatakan cukup tinggi sehingga tidak begitu aman bagi penderita diabetes.

  1. Lemak dan asam lemak

Satu hal yang paling penting terakhir adalah kebutuhan akan lemak dan asam lemak. Asam lemak bisa dipenuhi dengan konsumsi ikan yang kaya akan AA, DHA, Omega 3 dan Omega 6. Semuanya berfungsi kuat dalam proses pembentukan otak. Sehingga otak bisa berfungsi secara sempurna ketika mereka terlahir ke dunia. Di samping itu, lemak pun bisa diubah menjadi sumber energi yang bisa menunjang aktivitas harian Anda. Itulah mengapa anak yang sering mengkonsumsi asam lemak terlihat lebih cerdas dari yang lainnya.

Ikuti Index Artikel dan Berita

#TUMBUH KEMBANG ANAK

Related Post

Leave a Reply