4 Tips Menuntun Tumbuh Kembang Anak

4 Tips Menuntun Tumbuh Kembang Anak

4 Tips Menuntun Tumbuh Kembang Anak

Pentingnya kasih sayang

Buah hati memerlukan perhatian serta kasih sayang yang tulus untuk menunjang tumbuh kembang mereka. Sedikit saja trauma yang Anda torehkan, ini bisa jadi mempengaruhi kekuatan mental mereka di masa mendatang. Bukan berarti anak akan melupakannya secara cepat, tetapi membawanya hingga dewasa. Tak salah bila akhirnya hal tersebut pun berpengaruh pada perilaku anak di lingkungan sosial. Beberapa di antaranya diketahui terlibat dalam pergaulan bebas karena trauma masa kecil.

Tak jarang kita sering mengabaikan putra putri kita karena kesibukan sehari-hari. Bahkan kita mengesampingkan kebutuhan perhatian mereka dengan karier di kantor. Tak ayal bila anak mencari perhatian di luar dengan tindakan-tindakan yang tidak baik. Hal ini pula yang menjerat mereka ke dalam jurang pergaulan bebas ataupun penggunaan narkoba. Jika Anda tak ingin demikian, sudah sepatutnya memperhatikan buah hati lebih dari sebelumnya.

Tuntunan tumbuh kembang

Untuk anda yang masih membutuhkan tuntunan membimbing tumbuh kembang anak, berikut beberapa tips yang bisa diberikan.

1. Jangan malu untuk menunjukkan kasih sayang secara fisik

Seiring pertumbuhan anak, bukan berarti mereka tidak memerlukan kasih sayang yang sama. Walaupun Anda memiliki beberapa orang anak, belajarlah untuk berbagi kasih secara adil. Dengan begini anak akan merasa dikasihi dan sayangi secara bersamaan. Anda pun bisa menunjukkan kasih sayang secara fisik, contohnya dengan memberikan pelukan ataupun ciuman hangat. Ini akan membantu Anda melupakan masalah untuk sementara waktu.

2. Sediakan waktu untuk sekedar sharing

Sesibuk apapun pekerjaan Anda, cobalah untuk menyisihkan waktu sebentar saja. Manfaatkan waktu tersebut untuk berbicara dengan putra putri Anda. Bahaslah topik menarik yang bisa mengambil perhatian mereka ataupun hal-hal yang mereka sukai. Gunakan kesempatan sharing tersebut pula untuk mendengar keluhan mereka. Dengan begini, Anda bisa menjalin komunikasi yang intens dan menghindari anak dari kasus bullying.

3. Beri perhatian pada apa yang ingin dibicarakan oleh anak

Kebanyakan orang dewasa memang melupakan bahasan seputar anak-anak. Mereka menganggap bahwa dunia anak-anak tak begitu kompleks layaknya permasalahan dunia dewasa. Padahal itu taklah benar, karena anak-anak pun memerlukan perhatian dari Anda. Oleh karena itu, cobalah memberi perhatian kepada mereka ketika berbicara atau menunjukkan sesuatu. Cara ini selain menunjukkan bahwa Anda menyayangi mereka juga menumbuhkan rasa hormat tersendiri.

4. Larang anak dengan tegas

Anak-anak memang cenderung nakal dalam beberapa hal. Mereka akan melakukan tindakan yang membahayakan mereka ataupun sekitarnya. Cobalah untuk melarang mereka secara tegas tanpa disertai kekerasan secara verbal ataupun psikis. Dengan begini, anak akan mengerti kalau apa yang mereka lakukan akan berbahaya. Di samping itu, berikan konsekuensi ketika mereka tidak mendengarkan arahan Anda untuk berhentik bertindak demikian.

IKUTI INDEX ARTIKEL DAN BERITA

#TUMBUH KEMBANG ANAK

Leave a Reply