Dukung Kecerdasan Anak Dengan Makanan Bernutrisi

Dukung Kecerdasan Anak Dengan Makanan Bernutrisi

4 sehat 5 sempurna

Kesehatan dan pesatnya tumbuh kembang anak tentunya ditunjang oleh pemenuhan nutrisi yang seimbang. Tak ada anak sehat yang tak mengkonsumsi makanan sehat pula dalam kehidupan sehari-harinya. Tentunya para ibu juga menyadari hal tersebut bila ingin sang anak tetap sehat dan cerdas dari waktu ke waktu. Anak bukan hanya investasi masa sekarang, tetapi masa depan yang bisa dibanggakan. Kehadiran mereka tak hanya membahagiakan tetapi juga melengkapi rumah tangga yang dibangun.

Kebutuhan nutrisi anak sebenarnya bisa dicukupi dengan makanan 4 sehat 5 sempurna. Apalagi sumber makanan tersebut taklah begitu sulit didapatkan di Indonesia. Bahkan terkesan murah daripada makanan cepat saji atau junk food yang belakangan hadir. Anda pun pasti mengamini hal tersebut karena kemudahan mendapatkan bahan makanan. Terlebih masih banyak pasar tradisional yang menyuplai sayuran segar setiap harinya.

Bahan makanan bernutrisi

Setidaknya ada beberapa macam bahan makanan yang bisa mendukung tumbuh kembang putra putri Anda, yaitu.

1. Hati

Anda mungkin sering mendengar bahwa hati mampu meningkatkan tumbuh kembang anak. Ini sebenarnya taklah salah, mengingat hati kaya akan vitamin A yang baik bagi kesehatan mata. Tak hanya itu, hati pun mengandung vitamin B12 dan zat besi yang baik bagi pembentukan tulang. Di samping itu, hati pun kaya akan kolin dan kolesterol yang baik bagi perkembangan otak si anak. Tetapi harus diingat pula, Anda perlu mengolahnya secara sehat.

2. Kuning telur

Telur adalah sumber protein murah yang bisa dikonsumsi oleh siapapun. Kuning telur diketahui mengandung vitamin A, kolin serta asam amino yang tinggi. Kandungan tersebut sangat baik bagi perkembangan otak serta sistem saraf si buah hati.

3. Daging sapi

Mengkonsumsi daging sapi dalam batasan yang tepat ternyata memberi pengaruh positif bagi tubuh. Salah satunya adalah mampu menunjang pertumbuhan anak secara optimum karena mengandung zat besi. Di samping itu, daging sapi pun mengandung asam lemak tak jenuh yang baik bagi sistem pencernaan dan metabolisme. Dengan begini, kebutuhan protein, vitamin B, serta seng pun terpenuhi secara sempurna. Satu hal yang perlu diingat, pilihlah daging yang sedikit mengandung lemak.

4. Telur ikan salmon

Bahan makanan yang satu ini ternyata mengandung nutrisi jauh lebih tinggi daripada ikan salmon sendiri. Bahkan kandungan omega 3nya di atas kandungan yang terdapat di dalam ikan salmon. Tak salah bila akhirnya beberapa orangtua memberikan asupan telur ikan salmon untuk mencerdaskan otak anak. Selain itu, telur ikan salmon pun mengandung antioksidan yang mampu mencegah kanker dan menangkal radikal bebas. Telur ikan salmon pun terbukti mengandung yodium, seng serta vitamin yang larut dalam lemak. Jadi, tunggu apalagi memenuhi asupan nutrisi pada buah hati?

IKUTI INDEX ARTIKEL DAN BERITA

#TUMBUH KEMBANG ANAK

Leave a Reply