Home / Tumbuh Kembang / Hal-Hal yang Harus di Perhatikan Dalam Tumbuh Kembang Anak

Hal-Hal yang Harus di Perhatikan Dalam Tumbuh Kembang Anak

Hal-Hal yang Harus di Perhatikan Dalam Tumbuh Kembang Anak

Pernahkah Anda berberfikir mengenai hal-hal yang harus di perhatikan dalam tumbuh kembang anak? Dalam tumbuh kembang anak ada banyak sekali faktor yang harus sealu di perhatikan.

Hal ini karena kita ingin menjadikan buah hati kita yang nantinya ketika mereka dewasa dapat bergaul dan bersosialisai dengan baik. Serta di terima di lingkungan tempat tinggalnya nanti seandainya mereka berkeluarga.

Selain itu di harapkan mereka juga mampu dengan tangguh menjalani hidup dengan cara yang baik dan juga mandiri ketika lepas dari orang tua.

Adapun hal-hal yang harus di perhatikan dalam tumbuh kembang anak yaitu

1. Perkembangan fisik motorik

Anda harus memperhatikan mengenai perkembangan fisik dan juga motorik anak secara keseluruhan. Hal ini dapat di raih dengan memberikan kasih sayang dan perhatian setiap kali melihat perubahan yang terjadi pada anak Anda. Baik pertumbuhan setiap waktunya mulai dari mereka lahir hingga dewasa. Perlu di ingat selaku orang tua adalah anak-anak akan merasa mendapatkan kasih sayang dan mereka tahu jika di perhatikan hanya dengan melihat dari perlakukan Anda sehari-hari.

2. Perkembangan kognitif dan emosi

Anda perlu memberikan pengetahuan mengenai anak Anda mengenai mengemukakan pendapat dan emosinya secara baik dan benar. Ajarkan kepada mereka mengenai kemampuan mengendalikan diri ketika menghadapi situasi yang mereka tidak suka atau dalam kondisi sulit. Utarakan bahwa Anda selalu berada di sampingnya untuk memberikan dukungan kepadanya. Selalu ada di saat apapun dalam hidupnya Selain itu perkembangan kognitif juga dapat di ajarkan apabila dia mulai bersekolah. Berikan pemahaman bahwa untuk belajar dan mendapatkan nilai baik pada setiap pelajaran harus ada sesuatu yang di perhatikan.

3. Perkembangan sosial

Ajarkan anak untuk daat bersosialisasid dengan teman sebaya atau lingkungan luar. Berikan pendidikan sejak dini bahwa kita membutuhkan orang lain untuk hidup. Perkembangan sosial juga bisa di tanamkan dengan mengunjungi anak panti asuhan dan menyantuni anak yatim. Dengan begitu anak Anda akan mengetahui tandanya berbagi dengan orang lain dan mempunyai rasa kasih sayang yang tinggi kepada orang lain. Anak Anda juga akan memiliki pribadi yang dapat di sukai oleh lingkungannya karena di nilai ramah dan pandai bergaul.

4. Perkembangan bahasa

Kita tak dapat menutup mata mengenai perkembangan jaman yang serba maju sekarang ini. Semua sekolah hingga perusahaan tempat kita bekerja akan sangat menghargai dan juga mengutamakan kita yang menguasai bahasa selain bahasa ibu. Untuk itu apabila Anda setuju maka lebih baik jika memberika bekal kepada anak-anak di berikan bekal untuk masa depan mereka. Dengan begitu maka Anda akan dapat melepas anak di lingkungan sosial tempatnya bergaul nantinya.

IKUTI INDEX ARTIKEL DAN BERITA

#TUMBUH KEMBANG ANAK

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll to Top