Tumbuh Kembang Anak Dan Faktor Yang Mempengaruhi

Tumbuh Kembang Anak Dan Faktor Yang Mempengaruhi

Mempunyai buah hati yang sehat dan cerdas merupakan impian semua orang tua. Sebagai orang tua, kita memang harus selalu memantau pertumbuhan dan perkembangan anak. Anak yang sehat akan selalu mengalami pertumbuhan berat mau pun tinggi badan serta perkembangan kecerdasan. Jika dalam waktu berbulan-bulan anak Anda tidak mengalami pertumbuhan mau pun perkembangan, maka Anda patut untuk khawatir. Untuk mengetahui apakah anak Anda tumbuh dengan sehat kita perlu tahu berat dan tinggi badan ideal anak di usianya.

Tumbuh Kembang Anak Usia 0-4 Tahun

1. Usia 0-1 tahun

Pada usia ini, tinggi badan anak yang normal adalah sekitar 50 cm hingga 76 cm dan berat badan sekitar 3,3 kg hingga 10,2 kg. Pada 6 bulan pertama anak akan lebih banyak menyusu dan tidur. Serta pada tahap ini panca inderanya mulai berkembang ditandai dengan mulai merespon jika ada yang mengajaknya berbicara, mengikuti arah pandang sesuatu yang menarik perhatiannya, dan mulai aktif bergerak hingga dapat tengkurap.

2. Usia 1-2 tahun

Tinggi badan anak pada usia ini sudah mencapai 76 hingga 88 cm dengan berat badan 10,2 kg hingga 12,6 kg. Pada tahap ini kuantitas tidurnya sudah mulai berkurang dan anak sudah berkembang secara optimal pada panca inderanya. Beberapa anak sudah mulai berbicara, sehingga orang tua dapat mengajarkan anak tentang benda-benda pada usia ini.

3. Usia 2-3 tahun

Berat badan anak pada usia ini akan mencapai 12,6 kg hingga 14,7 kg dan tingginya mencapai 88 cm hingga 97 cm. Rasa ingin tahu anak pada usia ini sangat tinggi. Biasanya anak akan terus menerus menanyakan sesuatu secara berulang-ulang hingga dirinya hafal. Ini adalah masa-masa keemasan orang tua untuk mengajarkan segala sesuatu untuk kecerdasan anak.

4. Usia 3-4 tahun

Anak pada usia ini akan bertambah tinggi hingg 103 cm dan berat badannya sekitar 14,7 kg hingga 16,4 kg. Kecerdasan anak semakin berkembang dan anak siap untuk mulai mengenyam pendidikan seperti play group karena anak bisa diajarkan sesuatu sambil bermain.

Tumbuh Kembang Anak Dan Faktor Yang Mempengaruhi

Banyak faktor yang mempengaruhi pertumbuhan fisik mau pun kecerdasan anak, di antaranya adalah nutrisi, lingkungan, dan pengaruh sosial. Jika anak mendapat asupan gizi dan nutrisi yang cukup, maka anak akan semakin tumbuh dengan sehat dan berkembang lebih cepat dari pada anak-anak lain di usianya. Pemberian nutrisi yang cukup dapat dilakukan sejak anak masih dalam kandungan.

Faktor lingkungan akan membentuk karakter dan kepribadian anak. Jika anak mendapat cukup kasih sayang dan fasilitas lain yang bisa merangsang perkembangan anak, maka anak akan tumbuh dan berkembang dengan optimal. Begitu juga dengan faktor sosial. Pendidikan dan pengasuhan yang baik bagi anak dapat mengoptimalkan perkembangan anak.

IKUTI INDEX ARTIKEL DAN BERITA

#TUMBUH KEMBANG ANAK

Leave a Reply