Ketahui Apa Saja Manfaat ASI bagi Anak Anda

Manfaat ASI bagi Anak Anda

Manfaat ASI bagi Anak Anda

Meski sosialisasi untuk memberikan buah hati air susu ibu sudah sering diadakan, namun masih banyak ibu yang belum menyadari pentingnya ASI bagi bayinya. ASI atau air susu ibu adalah nutrisi terpenting bagi tumbuh kembang bayi Anda.

Dalam ASI sudah diteliti bahwa kandungannya sangat bergizi bagi bayi. Apalagi jika dibandingkan dengan susu sapi atau susu formula yang banyak dijual. Beberapa alasan ibu-ibu itu misalnya karena anaknya tidak mau minum ASI, ASI susah keluar, takut mempengaruhi waktu bekerja ibu dan banyak lagi kecurigaan yang tak terbukti.

Bila Anda ingin tahu lebih banyak mengenai manfaat ASI, coba ikuti penjelasan ini. Menurut penelitian, ASI mengandung nutrisi-nutrisi yang sangat dibutuhkan oleh bayi. ASI pun memiliki keuntungan bagi para ibu yang menyusui anak-anaknya.

Salah satu manfaat ASI bagi anak adalah mengandung zat-zat gizi yang dibutuhkan bayi pada usianya. ASI memiliki zat penting seperti protein, AA, DHA, omega 6, laktosa, vitamin A, kolostrum, taurin, laktobasilus, dan sebagainya yang terbukti lengkap dan ukurannya sesuai kebutuhan.

Didalam kandungan ASI juga terdapat protein yang mudah diserap oleh usus bayi, yaitu protein whey. Kemudian ASI berfungsi untuk membuat sistem imun pada tubuh bayi terbentuk sempurna.

Sistem imun ini sangat penting karena mampu membuat kekebalan tubuh bayi pada bibit penyakit berfungsi optimal. Jika bayi kurang diberi ASI biasanya mereka mudah terkena penyakit atau rentan dibanding bayi yang selalu diberikan ASI.

Selain itu ASI membuat anak Anda lebih cerdas. Ada beberapa penelitian yang mengungkap bahwa anak berusia 7-8 tahun yang dulunya diberikan ASI selama 6 bulan memiliki tingkat intelegensia (IQ) lebih tinggi dibanding mereka yang tidak. ASI juga mampu meningkatkan perkembangan mental anak seperti EQ (tingkat kecerdasan emosional) jika di usia awal mereka diberikan ASI. Lalu seperti yang diterangkan sebelumnya bahwa ASI memiliki protein whey.

Hal ini membuat anak yang ketika bayi diberikan ASI, tidak memiliki risiko terserang infeksi usus dibanding mereka yang meminum susu formula. Anak yang meminum susu formula rentan terkena infeksi usus contohnya terserang diare.

Jika anak diberikan ASI eksklusif selama 6 bulan daya tahan tubuhnya lebih tinggi, sehingga tak mudah terkena infeksi usus. Lalu manfaat lain yang juga patut diperhatikan bahwa ASI dijamin lebih segar, higienis dan tidak memiliki pengaruh negatif bagi bayi. Tentunya karena ASI bisa langsung diberikan atau jika disimpan pun tidak akan mempengaruhi kandungan gizinya sehingga lebih sehat bagi buah hati Anda.

Maka ASI pun terjamin kualitasnya, teruji kandungan gizinya dan pasti lebih cocok untuk anak Anda. Terakhir, ASI pun bermanfaat untuk merekatkan hubungan batin atau emosional antara ibu dan anaknya. Hormon-hormon yang dihasilkan ketika menyusui akan menguatkan hubungan tersebut. Setelah mengetahui manfaatnya, Anda tak perlu ragu lagi ya. Ayo, berikan ASI untuk sang buah hati.

Related Post

Leave a Reply