Tips agar Anak Suka Makan Sayur – Inilah 7 Tipsnya

Anak membutuhkan banyak nutrisi dan gizi bagi tumbuh kembangnya. Maka mereka harus makan makanan bergizi tinggi dan kaya serat seperti sayuran. Tetapi tak banyak anak yang senang makan sayur. Mereka terkadang harus dipaksa agar mau makan salah satu jenis makanan yang bergizi tinggi. Selain itu perkembangan zaman modern membuat banyak anak malah suka makan junk food atau fast food yang tidak mengandung serat. Tapi jangan kuatir, berikut ini ada beberapa tips yang bisa dilakukan agar anak Anda mau dan suka makan sayur.

Tips agar Anak Suka Makan Sayur

Tips Agar Anak Suka Makan Sayur

Pertama, biasakan sejak dini agar mereka mau makan sayur-sayuran. Ada baiknya sebelum anak terbiasa makan sendiri mereka sudah dikenalkan dengan rasa dari sayuran. Misalnya memakan makanan padat pertamanya dengan rasa sayur. Sebaiknya perkenalkan dulu dengan sayuran dibanding buah-buahan. Karena kecenderungan anak senang yang manis-manis. Jika mereka sudah terbiasa dengan rasa sayur maka Anda bisa mengenalkan mereka dengan buah atau jenis makanan lain seperti kue marie.

Kedua, sebaiknya biasakan anak Anda meminum ASI dibanding minum susu formula. ASI walaupun kandungan nutrisi dan gizinya lebih sempurna dibanding susu formula tapi rasanya tidak akan semanis susu formula. Apalagi tidak ada penambahan pemanis buatan seperti susu formula. Jika anak terbiasa minum susu ketika bayi, maka anak akan lebih mudah menyenangi sayuran.

Ketiga, apabila anak-anak Anda sudah cukup umur untuk belajar, ada baiknya Anda mengenalkan beragam manfaat dari memakan sayuran. Anda bisa membuat permainan yang berisi nutrisi dari berbagai macam sayuran agar anak Anda mengenal sayuran dan manfaatnya bagi tubuh.

Keempat, jika anak Anda sering makan bersama-sama orangtua dan keluarga, pastikan anggota keluarga lain memakan sayuran. Hal ini bisa membuat anak tertarik dan mengikuti contoh dari orang-orang terdekatnya. Mereka juga akan terbiasa mengenal sayuran di meja makan dan tidak akan menolak jika disuruh memakannya.

Kelima, buatlah kegiatan memasak dengan sayuran menyenangkan bagi anak. Jika ada waktu cukup, Anda bisa mengajak anak berbelanja sayuran ke pasar. Memasak dengan menyajikan sayuran dan mengajak anak melihat cara mengolahnya.

Keenam, sajikan hidangan menarik dengan bahan dasar sayuran. Apabila anak Anda sudah telanjur tidak suka atau menolak makan sayur, coba sajikan hidangan yang tidak berbentuk sayuran tapi mengandung sayuran didalamnya. Contohnya nugget sayur, nasi tim sayur brokoli dan sebagainya. Anda dituntut untuk berkreasi menghidangkan sajian sayur tapi dengan tampilan menarik bagi anak-anak.

Terakhir, untuk mendapatkan nutrisi dan gizi terbaik dari sayur Anda bisa juga mengenalkan anak untuk memakan atau meminum suplemen sayuran. Misalnya vitamin dengan nutrisi sayuran, suplemen untuk nafsu makan anak yang mengandung gizi dari sayuran dan lainnya. Apalagi di pasaran sudah tersedia banyak pilihan suplemen atau multivitamin dari sayur juga buah. Nah tunggu apalagi coba tips ini agar anak senang makan sayuran.

One Response

Tinggalkan Balasan