Mengenal Golden Age Pada Anak – Ini dia 4 Tipsnya

Mengenal Golden Age pada Anak

Sebagai orangtua tentu Anda ingin anak bertumbuh kembang dengan baik. Ada beberapa tahapan pada anak untuk memicu perkembangan mereka lebih optimal. Caranya dengan mengetahui dan mengoptimalkan masa emas pada anak atau biasa disebut golden age.

Golden age adalah usia anak pada masa-masa awal hidupnya di dunia. Golden age adalah usia anak ketika mereka berumur 0 – 5 tahun. Usia tersebut berada pada perkembangan terbaik untuk fisik dan otak anak. Meski sudah banyak keterangan tentang golden age, sayangnya masih ada orangtua yang kurang memperhatikan.

Lalu apa saja yang harus dilakukan agar golden age pada anak tidak terlewati dengan sia-sia. Berikut ini beberapa tips yang bisa dilakukan para orangtua.

Mengenal Golden Age Pada Anak

Tips pertama adalah perhatikan anak di usia mereka yang masih sangat muda. Misalnya bagi bayi berusia antara 0-1 tahun maka peran ibu sangat vital. Berikan anak asupan gizi yang terbaik. Tentu pemberian ASI ekslusif sangat dianjurkan. Selain itu orangtua sudah bisa mempersiapkan berbagai pengetahuan agar di usia selanjutnya mampu berperan aktif.

Tips kedua yaitu stimuli anak sesuai usianya. Anak adalah peniru ulung dan pada setiap tahapan usia anak memiliki kelebihan sendiri. Jika perkembangan indera anak sudah cukup aktif, misalnya indera pendengaran atau indera penglihatan, orangtua bisa membacakan cerita dan mengenalkan objek pada anak-anak mereka. Misalnya dengan menyediakan mainan yang merangsang motorik anak Anda. Tapi perhatikan setiap tahapan usianya. Jangan sampai Anda menstimuli anak padahal usianya terbilang belum cukup optimal melakukan rangsangan tersebut.

Tips ketiga adalah memahami bahwa tingkat pertumbuhan tiap anak berbeda atau tidak sama. Ada anak yang lebih cepat belajar berjalan dibanding bicara atau kebalikannya. Karena itu jangan memaksakan anak Anda melakukan hal yang membuatnya stress. Perhatikan potensi anak dan kembangkan. Anda sebagai orangtua harus mampu bersikap bijaksana dan sabar dalam merangsang perkembangan anak lebih optimal. Berikan juga pujian jika anak berhasil melakukan sesuatu hal yang baik atau sesuai untuk usianya.

Tips yang terakhir yaitu jangan mengekang anak. Bebaskan dia melakukan banyak hal, bereksplorasi di lingkungan sekitarnya. Asalkan ia tetap aman dan ajarkan juga tanggung jawab walau dengan cara yang pas sesuai usianya.

Semakin luas wilayah atau lingkungan tempat anak belajar maka ia belajar banyak hal yang akan dibutuhkan untuk perkembangan mental, otak dan fisiknya. Buatlah lingkungan di sekitar balita Anda adalah lingkungan yang sehat. Pastikan bahwa keluarga terdekat mendukung dan melakukan hal-hal positif karena anak belajar dengan meniru dan mengamati. Jika anak mampu belajar berbagai macam hal baik dari lingkungan, biasanya ia akan meniru apa yang diamatinya itu.

Nah dari beberapa tips diatas ada baiknya Anda terapkan sejak usia dini dan konsisten melakukannya. Selain itu perbanyak ilmu dan pengetahuan Anda sebagai orangtua agar masa golden age anak bisa dioptimalkan. Sehingga anak Anda menjadi anak-anak yang sehat serta bahagia.

Label Posts:

masa golden age, golden age adalah, golden age anak, golden age pada anak, Usia emas anak, masa golden age anak, usia golden age, masa masa golden age, apa itu golden age, golden age pada usia berapa,

Tinggalkan Balasan