Olahraga Ringan Selama Kehamilan Yang Mungkin Masih Dapat dilakukan

Olahraga Ringan Selama Kehamilan

Olahraga Ringan Selama Kehamilan

Selama hamil seorang wanita bukan berarti harus meninggalkan olahraga. Beragam jenis olahraga ringan bisa diterapkan guna menunjang masa kehamilan dan juga mempermudah masa persalinan. Olahraga yang dilakukan harus membuat ibu hamil merasa nyaman. Berikut ini sejumlah olahraga ringan yang bisa diterapkan secara rutin?

Jalan kaki

Jenis olahraga ini sama sekali tidak akan menimbulkan gangguan saat masa kehamilan. Karena akan memberikan sejumlah manfaat bagi ibu hamil. Sejumlah manfaat itu adalah meningkatkan kesehatan jantung dan paru-paru, melancarkan sirkulasi darah, menambah stamina, menguatkan otot terutama pada bagian otot tungkak dan menghilangkan derita stres.

Olahraga air

Olahraga ini bisa diterapkan dari trimester pertama hingga trimester ketiga. Tapi lebih baik intensitasnya dikurangi, kalau usia kandungan sudah mencapai tujuh bulan. Karena dalam usia kandungan ini, keseimbangan ibu hamil  telah berkurang, dengan begitu sangat berisiko terpeleset atau terjatuh.

Manfaat dari olahraga ini adalah tidur terasa lebih nyenyak, mengurangi rasa mual, memelihara kesehatan jantung, meringankan tekanan pada daerah otot dan sendi, meningkatkan kekuatan otot terutama otot di daerah panggul. Otot panggul yang semakin kuat dapat mempermudah saat proses persalinan.

Yoga

Berbagai gerakan prenatal pada yoga terbukti bisa membantu kesiapan ibu hamil saat masa kehamilan dan juga saat akan menghadapi masa persalinan. Sehingga proses persalinan didukung baik oleh kondisi fisik dan emosional yang lebih baik, sehingga ibu hamil merasa lebih nyaman. Beragam gerakan yoga tersebut biasanya berupa gerakan guna memperkuat kaki yang sangat berfungsi untuk mencegah kram kaki saat hamil. Latihan yoga ini sangat dianjurkan sejak usia trimester pertama.

Gerakan yoga yang dirancang khusus bagi ibu hamil ini sangat bermanfaat dalam meningkatkan kekuatan tubuh dan stamina ibu hamil. Tubuh juga terasa lebih lentur, sehingga bisa menghilangkan rasa nyeri pada areal sendi. Anda juga bisa menerapkan teknik pernafasan, supaya selalu dalam kondisi relaks saat masa kehamilan termasuk ketika menghadapi fase persalinan. Jangan lupa untuk mencari instruktur yoga yang berkompeten dalam gerakan prenatal yoga tersebut.

 

Tinggalkan Balasan