Pemeriksaan USG atau Scan Kehamilan

Pemeriksaan USG Scan Kehamilan

Manfaat Dari Scan Kehamilan

Pemeriksaan secara intensif harus dijalani oleh ibu hamil, sehingga masa penting ini terpantau dengan baik. Scan Kehamilan/Pemeriksaan Ultrasonografi bisa dilakukan agar tumbuh kembang bayi bisa diketahui dengan baik. Terdapat dua macam scan utama yang bisa diterapkan kepada ibu hamil, yang pertama adalah scan saat hamil 12 minggu dan scan saat 20 minggu atau anomaly scan yang berfungsi untuk pendeteksi kelainan.

Pemeriksaan USG atau Scan Kehamilan

Pada umumnya dokter akan menganjurkan ibu hamil menjalani kedua scan tersebut. Meskipun sebenarnya melakukan scan anomaly saja sudah cukup. Selain itu, ibu hamil bisa menjalani sejumlah scan berdasarkan keinginan saja. Sebagian besar scan kehamilan yang diterapkan memakai ultrasound. Berupa jeli yang dioleskan di permukaan perut ibu hamil, selanjutnya alat transducer akan ditempelkan di perut sambil digerak-gerakkan. Sehingga gambar bayi terlihat pada layar monitor.

Dalam proses scan tersebut, dokter akan menjelaskan bagaimana kondisi janin didalam kandungan, termasuk untuk mengetahui jenis kelamin janin. Biasanya sebelum ibu hamil menjalani scan akan disarankan untuk meminum air putih agar kandung kemihnya terisi penuh. Cara ini berguna untuk mendorong uterus ke bagian depan, dengan begitu bisa dihasilkan gambar yang lebih jelas.

USG di masa awal hamil

Pemeriksaan USG pada masa awal hamil sangat penting dijalani, terutama kalau ibu hamil merasakan rasa nyeri, menderita perdarahan atau bahkan memiliki riwayat keguguran atau kehamilan ectopic yang berlangsung pada 6 sampai 10 minggu kehamilan. Ukuran janin masih kecil di masa awal kehamilan, dengan demikian alat khusus yang bisa melintasi vagina diterapkan saat proses scan. Proses tersebut memang terlihat rumit, tapi ibu hamil tidak perlu takut dan khawatir untuk menjalaninya.

Waktu yang tepat untuk menjalani scan

Scan bisa diterapkan di masa kehamilan 6 hingga 12 minggu. Sebagian besar rumah sakit menganjurkan scan tersebut guna memantau berbagai hal penting semasa hamil. Pantauan penting itu berkaitan dengan usia janin, mengetahui jumlah janin yang dikandung, pemeriksaan terhadap detak jantung bayi, pemantauan kalau ada kelainan yang terjadi, memantau kondisi kesehatan ovarium ibu.

Proses scan tersebut hanya memerlukan waktu berkisar 10 menit saja. Ibu hamil pastinya akan merasa senang melihat kondisi bayi yang sedang dikandungnya melalui layar monitor. Hasil pemeriksaan ini biasanya akan dicetak dan bisa dibawa pulang, sehingga ibu hamil bisa menceritakan hasil scan tersebut kepada orang terdekat.

Label Posts:

aplikasi deteksi hasil usg abdomen, aplikasi hasil USG, kalau hasil usg di scan bisa gak?,

Leave a Reply