Hindarilah Hal-hal Berikut Ini Selama Hamil

Hindarilah Hal-hal Berikut Ini Selama Hamil

Hindarilah Hal-hal Berikut Ini Selama Hamil

Apa saja yang harus dihindari selama kehamilan? Pertanyaan semacam itu senantiasa muncul di benak para ibu muda yang sedang mengalami kehamilan pertama. Wajar karena kesehatan ibu dan janin merupakan prioritas utama supaya kelak mengalami proses persalinan yang lancar dengan bayi sehat. Berhubung ada banyak kekhawatiran tentang hal-hal yang dirasa bisa menganggu kesehatan janin, maka seorang ibu hamil harus menghindari beberapa hal berikut ini:

Pakaian Ketat

Kita awali dari hal paling mendasar yaitu jenis pakaian. Lumrah jika seorang perempuan tetap mempertahankan gaya ideal dalam berbusana meskipun sedang dalam keadaan hamil. Bahkan sebetulnya tidak ada larangan untuk bergaya dalam busana atau penampilan selama hamil. Tetapi hindarilah pakaian ketat karena akan menganggu kesehatan janin. Ingatlah bahwa seorang ibu hamil selalu bisa tampil modis asalkan tetap memperhatikan faktor janin. Contoh jenis pakaian yang harus dihindari ialah baju dengan lingkar pinggang atau perut yang ketat dan menggunakan bahan karet atau elastis.

Asupan Kalori

Kalori yang berlebihan akan sangat berbahaya bagi pertumbuhan janin. Logikanya, ketika sedang mengandung janin, maka dibutuhkan asupan kalori yang cukup. Namun masalahnya akan rumit ketika seorang ibu sudah dalam kondisi berat badan berlebih/obesitas sehingga meningkatkan risiko penurunan nutrisi bagi janin. Dalam beberapa kasus, bayi yang dilahirkan punya risiko diabetes.

Kafein dan Alkohol

Kebiasaan meminum kafein dan alkohol memang sulit dihapuskan bahkan ketika seorang ibu sedang hamil. Namun ketahuilah bahwa ada masalah yang sangat gawat dan bahkan berujung pada keguguran akibat konsumsi kafein dan alkohol bagi ibu hamil.

Makanan Mentah

Jangan pernah mengambil risiko dengan menyantap makanan yang belum dimasak atau diolah dengan tepat. Biasanya makanan tersebut berwujud sayuran, telur setengah matang, daging setengah matang dan sebagainya. Sebaiknya seorang ibu hamil mewaspadai tipe makanan yang akan disantap meskipun kelihatannya lezat dan menggiurkan.

Makanan Bermerkuri

Apa yang dimaksud dengan makanan bermerkuri? Merkuri bisa berpengaruh buruk pada sistem saraf dan otak janin. Contoh paling mudah ialah ikan dengan kandungan merkuri tinggi seperti tilefish dan makarel.

Label Posts:

gerak janin sebelah kiri,

Tinggalkan Balasan