Kebutuhan Suplemen dan Vitamin Bagi Ibu Hamil

Kebutuhan Suplemen dan Vitamin Bagi Ibu Hamil

Suplemen dan Vitamin

Seorang ibu hamil pasti membutuhkan asupan gizi yang mencukupi. Tak hanya makanan, namun juga suplemen atau vitamin yang bisa menunjang pertumbuhan dan perkembangan janin. Tapi jangan sembarangan mengambil suplemen atau vitamin karena masih harus membutuhkan pertimbangan dari dokter. Sehingga bisa diantisipasi beberapa hal yang mungkin akan berisiko akibat konsumsi suplemen dan vitamin. Lalu apa sajakah vitamina atau suplemen yang dibutuhkan oleh seorang ibu hamil?

Kalsium

Kita bisa mendapatkan kalsium dari beberapa makanan seperti keju atau daging. Susu juga mengandung kalsium yang tinggi. Meskipun demikian, ada juga suplemen yang khusus menyediakan kalsium tambahan bagi ibu hamil. Dengan rekomendasi dokter kandungan, asupan kalsium bisa ditambahkan sesuai kebutuhan.

Lemak Omega 3

Kita bisa memperoleh Omega 3 dari makanan seperti ikan. Namun jangan asal pilih untuk menghindari ikan yang mengandung merkuri. Oleh sebab itu, disarankan untuk mengonsumsi lemak omega 3 berdasarkan saran dokter.

Vitamin C

Jelas sekali bahwa setiap ibu hamil membutuhkan asupan vitamin C. Hal ini untuk mencegah kekurangan darah yang seringkali dialami oleh ibu hamil. Ada banyak vitamin C yang sudah disediakan dalam kemasan-kemasan tertentu. Namun sebaiknya tetap mengambil rekomendasi dari dokter kandungan.

Zat Besi

Zat besi yang dikonsumsi oleh seorang ibu hamil akan membantu memperlancar perkembangan otak janin. Seorang ibu hamil bisa mengonsumsi suplemen khusus yang mengandung zat besi supaya kebutuhannya terpenuhi dengan baik.

Asam Folat

Suplemen lain yang dianjurkan mengandung asam folat. Suplemen ini akan mencegah risiko cacat pada bayi setelah dilahirkan. Untuk mendapatkan keterangan lebih lengkap, suplemen dengan kandungan asam folat harus mendapatkan persetujuan dari dokter.

Vitamin B12

Vitamin ini wajib dikonsumsi oleh ibu hamil yang tak doyan susu. Biasanya, vitamin ini direkomendasikan khusus bagi mereka yang tak mengonsumsi daging atau bahan makanan yang berasal dari hewan.

Nah, demikianlah suplemen dan vitamin yang dibutuhkan bagi ibu hamil. Setiap asupan nutrisi, suplemen dan vitamin haruslah mendapat persetujuan dari dokter. Apalagi jika seorang ibu hamil punya riwayat penyakit tertentu.

Leave a Reply