Olahraga Bagi Ibu Hamil Yang Mungkin Masih Dapat Dilakukan

Olahraga Bagi Ibu Hamil

Olahraga Bagi Ibu Hamil

Keadaan hamil tidak akan membatasi segala aktivitas bagi seorang ibu. Justru seorang ibu yang sedang hamil diharuskan berolahraga ringan untuk menunjang kebugaran dan kesehatan fisik. Lagipula, olahraga ringan akan sangat penting bagi ibu hamil kelak saat menjalani proses persalinan. Nah, apa saja olahraga yang disarankan bagi seorang ibu hamil?

Berjalan Santai

Setiap ibu hamil diharuskan berjalan-jalan supaya bisa tetap menjaga kebugaran tubuh. Setidaknya, luangkan waktu sekitar sepuluh hingga lima belas menit untuk berjalan-jalan. Hal ini bisa dilakukan dengan cukup berkeliling rumah atau kompleks. Atau lakukan saja dengan berjalan mengitari ruangan dalam rumah.

Senam

Latihan senam merupakan cara penting yang akan membantu memudahkan proses persalinan. Setiap ibu hamil bisa menjadwalkan latihan senam teratur. Misalnya adalah tiga kali seminggu selama hampir setengah jam. Namun jangan lupa untuk menyesuaikan dengan usia kehamilan. Bahkan saat memasuki bulan keempat, latihan senam harus dipertahankan. Tetapi menjelang hari persalinan sekitar dua belas minggu, jangan menambah porsi latihan. Lakukan senam sewajarnya saja dan upayakan untuk tetap membiasakan diri dengan aktivitas fisik.

Setiap ibu hamil pasti punya perbedaan kemampuan fisik. Sehingga tidak setiap ibu hamil bisa menjalani olahraga yang sesuai standar waktu tertentu. Namun jangan berkecil hati karena yang terpenting adalah aktivitas fisik yang sesuai dan bisa menunjang kebugaran tubuh.

Sebelum menjalani jadwal olahraga, seorang ibu hamil harus berkonsultasi terlebih dahulu pada dokter. Supaya dokter bisa memastikan bahwa kondisi fisik akan sangat menunjang aktivitas olahraga tersebut. Selain itu, jangan lakukan olahraga yang terlalu berlebihan karena jelas itu akan berbahaya.

Selain olahraga, pastikan juga bahwa ibu hamil selalu mengonsumsi makanan bergizi, vitamin dan suplemen yang dibutuhkan. Dengan perpaduan gaya hidup yang sehat, proses persalinan pun bisa berjalan lancar. Selain olahraga ringan yang bisa dilakukan dengan mudah, sebetulnya ada beberapa pilihan lain seperti yoga. Nah, tentu saja setiap orang bisa menyesuaikan dengan tenaga, waktu dan pastinya anggaran untuk mengikuti kelas yoga bagi ibu hamil.

Related Post

Leave a Reply