Cara Menurunkan Demam Anak

Cara Menurunkan Demam Anak
Melihat anak setiap hari bermain dengan senang dan gembira adalah suatu kebahagian. Tetapi ketika tiba tiba anak jatuh sakit seperti demam yang mengakibatkan suhu badan nya naik, kita sebagai orang tua terutama ibu jangan langsung panik. Biasanya kita sebagai orang tua panik dan ingin segera bertindak agar suhu badan si anak kembali normal.

Jika anak terserang demam kita sebagai orang tua berusaha bagaimana membuat anak merasa nyaman. Karena penyebab demam belum tentu karena terserang penyakit, bisa saja sebuah reaksi tubuh terhadap suatu penyakit seperti melawan infeksi, dengan suhu badan yang tinggi dapat memperambat pertumbuhan virus atau bakteri. Dan bisa jadi dengan kita berusaha mengobati demam yang salah dapat mempelambat kesembuhan badan tubuh si anak.

Tips Cara Menurunkan Demam Anak

  1. Mengganti pakaiannya dengan bahan yang nyaman dan tipis.
  2. Perbanyak minum air putih
  3. Jika yang masih di bawah 2 tahun berilah asi sesering mungkin.
  4. Kompres anak dengan air dengan suhu ruangan tidak panas dan tidak air es.
  5. Usahakan anak dapat beristirahat dengan cukup.

Untuk pemberian obat penurun panas juga di anjurkan tetapi tidak selalu bila anak sakit harus di fokuskan dengan meminum obat, karena terkadang obat juga belum tentu bisa menurunkan demam anak. Dan bila kita memberikan obat penurun panas berikan sesuai dengan anjuran dokter atau yang tertera pada kemasan, jangan sampai kita memberikan dosis melebihi anjuran yang bisa mengakibatkan over dosis.

Dan jangan lupa juga selau sedia thermometer dirumah agar kita bisa memantatu berapa suhu badan anak kita saat demam. Thermoter juga bisa membantu kita mengetahui bila suhu badan melebihi mencapai 40 derajat celcius, tindakan yang harus segera mungkin yaitu bawa anak kita ke dokter. Untuk mengantisipasi jangan sampai anak kita kejang.

Semoga sedikit tips menurunkan demam anak ini dapat bermanfaat buat bunda semua ya…

Ikuti Index Artikel dan Berita

#TUMBUH KEMBANG ANAK

Leave a Reply