Ini Dia Manfaat Daun Sirih Merah

Manfaat Daun Sirih Merah Menyembuhkan PenyakitSiapa yang tidak tau tanaman daun sirih? tanaman yang tumbuh dan berasal dari dari Sulawesiini banyak di tanam dikarena kan memiliki banyak manfaat nya.Dan ternyata tanaman sirih ini masih kerabat dekat dengan lada. Sirih juga banyak macam nya mulai dari sirih hijau, sirih merah dan sirih hitam. Tetapi disini kita akan membahas tentang manfaat dari sirih merah.

Sirih merah sangat mudah menanam nya, dia hidup bisa merambat pada batang pohon yang berbeda. Untuk Khasiat nya sendiri dari jaman dahulu sudah terkenal khasiat nya, mulai dari untuk kesehatan sampai dengan kecantikan juga bisa. Berberapa khasiat dari sirih merah ini adalah:

Manfaat Daun Sirih Merah

1. Bisa mengobati jerawat
Cara menggunakan nya yaitu, ambilah beberapa daun sirih 6-10 lembar daun sirih merah. Kemudian cuci sampai bersih lalu di tumbuk. Setelah ditumbuk campurkan air yang panas dan tunggu sampai hangat lalu air tersbut di gunakan untuk membasuh muka. Lakukan ini secara rutin sehari 2 kali.

2. Menyembuhkan Batuk
sirih merah ternyata bisa untuk mengobati batuk, dan bisa di sebut juga dengan pengobatan secara alami atau herbal. Cara nya yaitu ambilah daun sirih merah kurang lebih 10 lembar, kemudian rendam selama setengah jam di cairan alchohol yang kadar nya 70%, supaya bakteri yang ada di daun sirih mati. Kemudian rebus daun sirih merah dan beri tambahan gula agar tidak terlalu pahit saat meminum nya. Bila sudah mendidih tuangkan ke dalam gelas, tunggu sampai hangat baru di minum.

3. Mengurangi rasa gatal
Cara nya sama seperti sebelum sebelum nya, yaitu rebuslah 8-10lembar daun sirih merah, kemudian tunggu sampai hangat lalu pakai saat mandi.

4. Mengobati gusi berdarah
Untuk mengobati gusi berdarah ini, air rebusan di gunakan dengan cara di kumur.

5. Mengobati Keputihan
Air rebusan daun sirih merah di gunakan dengan cara di basuhkan ke darah kewanitaan.

6. Mengobati mata merah atau terkena iritasi
Air rebusan tersebut dipergunakan dengan cara di basuhkan ke mata yang merah, lakukan beberapa kali hingga mata kembali normal.

Semoga beberapa pembahasan diatas tadi dapat bermanfaat untuk semua, selamat mencoba.

Label Posts:

kumur air rebusan daun sirih merah untuk batuk berdahak,

Tinggalkan Balasan