Penyebab Diare Pada Anak dan Cara Mengatasinya

Penyebab Diare Pada AnakDiare atau kadang kita sering menyebutnya mencret adalah kondisi ketika seseorang buang air besar lebih dari 3 kali dan berupa cairan encer. Diare di golongkan menjadi dua yaitu kronis dan diare akut. Diare di katakan masuk golongan akut apabila dalam 7 hari diare tak kunjung reda. Dan diare di katakn golongan kronis terjadi hingga sampai 14 hari. Kebanyakan yang paling rentan terserang penyakit diare ini adalah anak anak, karena mereka belum sekuat orang dewasa daya tahan tubuh nya dan mudah terkena virus. Selain itu juga di karenakan dari parasit atau makanan yang di konsumsi.

Penyebab Diare Pada Anak dan Cara Mengatasinya:

  1. Terkena parasit, seperti giardiasis yang di sebabkan karena parasit mikrospis yang ada di dalam usus. Ciri ciri nya perut kembung, diare nya berminyak dan sering buang angin.
  2. Terinfeksi Virus, seperti virus adenovirus, astrovirus, influenza dan calicivirus.
  3. Alergi makanan. Biasanya kebanyakan anak anak diare di sebabkan karena protein susu.
  4. Faktor psikologis, ini bisa tejadi saat sedang stres.
  5. Keracunan Makanan

Diare ini dapat menular melalui jari, makanan dan juga binatang sperti lalat. Makanan yang belum habis yang lebih dari 2 jam juga jangan di berikan kepada anak bisa jadi makanan tersebut di hinggapi lalat yang membawa virus.

Bila anak kita terkena diare sebaik nya jangan panik. Bila terjadi dehidrasi atau ekurangan cairan segera si kecil bawa kedokter atau pertolongan pertama yang bisa kita lakukan dirumah yaitu:

  1. Berikan cairan sebanyak mungkin dan banyak mengandung elektrolit agar idak dehidrasi. Cairan elektrolit atau di kenal juga oralit kita bisa membuat nya dengan melarutkan satu sampai dua sendok makan gula dan seperempat sendok teh garam dan larutkan ke dalam air putih.
  2. Hindari makan sayuran karena akan susah di cerna sehingga diare akan lama sembuh nya.
  3. Hindari makan buah kecuali apel dan pisang karena di dalam pisang dan apel terdapat kaolin, kalium yang berfungsi memadatkan feses serta dapat menyerap racun.

Diare ini dapat kita cegah dengan cara mencuci tangan sebelum makan, ajarkan pula itu pada si kecil. Dan jaga kebersihan lingkungan di sekitar kita.

Ikuti Index Artikel dan Berita

#TUMBUH KEMBANG ANAK

Related Post

Leave a Reply