Kenali 5 Tahap Penting Perkembangan Bayi Anda

5 Tahap Penting Perkembangan Bayi
Perkembangan buah hati adalah hal yang paling membahagiakan bagi orang tua. Ada beberapa tahapan penting bagi bayi dari usia 3 bulan hingga 1 tahun. Tahapan-tahapan penting tersebut akan dibahas satu per satu dalam tulisan ini.

5 Tahap Penting Perkembangan Bayi

1. Tengkurap

Bayi mulai belajar tengkurap pada usia 2 hingga 4 bulan. Tengkurap ini ditandai dengan bayi yang mulai memiring-miringkan badannya pada usia 1,5 bulan hingga 2 bulan. Jika otot lehernya semakin kuat untuk menyangga badannya, maka bayi akan mulai bisa menggulingkan badannya pada satu sisi. Bayi mulai bisa tengkurap pada usia 3 sampai 4 bulan namun biasanya tidak bisa langsung berbalik ke posisinya semula. Kemudian pada usia 5 sampai 6 bulan saat bayi sudah mahir mengangkat kepalanya saat tengkurap, dia akan semakin mahir pula mengembalikan posisinya semula setelah tengkurap.

2. Mengangkat Kepala

Bayi mulai bisa mengangkat kepalanya sebesar 45 derajat saat usianya memasuki 2 bulan. Sebaiknya pada usia ini bayi dibiasakan dipangku dengan posisi tengkurap untuk melatih kekuatan otot lehernya. Saat usia 4 bulan, bayi akan semakin mahir mengangkat kepalanya hingga 90 derajat saat tengkurap. Saat telentang pun bayi akan sering menengadahkan kepalanya mencari-cari sumber suara yang menarik perhatiannya.

3. Merespon Orang Lain

Bayi akan mulai bisa merespon orang yang mengajaknya bicara atau bermain pada usia 4 sampai 5 bulan. Mereka akan memekik gembira dengan mengeluarkan suara dengan nada tinggi jika melihat sesuatu yang membuatnya senang. Di usia 4 bulan ke atas, bayi akan semakin sering “berkomunikasi” dengan orang-orang di sekitarnya dengan suara-suara yang mereka keluarkan. Biasanya dia akan merasa senang dan mulai memekik gembira saat berhasil mendapatkan apa yang diinginkan. Tak jarang pula mereka tertawa dengan bahagia jika seseorang mulai bergurau dengannya, menunjukkan rasa senang dan respon terhadap gurauan tersebut.

4. Memegang Benda

Bayi mulai bisa memegang benda di usia 4 atau 5 bulan. Mereka mulai bisa meraih benda jika seseorang memberikan benda terhadapnya. Terkadang bayi akan merasa sangat senang jika dia berhasil menggenggam jemari orang di sekitarnya. Genggamannya semakin kuat di usia 5 bulan dan sulit untuk dilepaskan. Lalu pada usia 7 sampai 8 bulan kemampuan memegangnya semakin berkembang. Kedua tangannya dapat digunakan sekaligus untuk melakukan dua hal yang berbeda. Misalnya satu tangan memegang satu benda dan tangan lainnya akan digunakan untuk meraih benda yang lain jika diberikan benda lainnya tanpa melepaskan benda yang ada di tangan satunya.

5. Merangkak

Biasanya bayi mulai merangkak pada usia 7 sampai 8 bulan. Saat anak sudah bisa tengkurap, anak akan semakin belajar mengangkat badan dan tangannya untuk kemudian digerakkan untuk berpindah dari satu tempat ke tempat lain. Kemampuan merangkak ini akan semakin berkembang yang merupakan awal berjalan menggunakan kedua kakinya pada usia 12 sampai 13 bulan.

IKUTI INDEX ARTIKEL DAN BERITA

#TUMBUH KEMBANG ANAK

4 Comments

No comments yet. Why don’t you start the discussion?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.