Arti Kata Emisi KBBI: Pemancaran Cahaya, Panas, dan Pengeluaran Modal

Arti Kata Emisi KBBI

Kali ini kita akan membahas tentang arti kata emisi menurut KBBI. Siapa yang tidak suka dengan kata-kata yang terdengar keren seperti ini? Nah, mari kita gali lebih dalam apa sebenarnya arti dari kata ini.

Arti Kata Emisi Menurut KBBI

Mari kita mulai dengan melihat apa yang dikatakan KBBI tentang kata emisi. Menurut KBBI, emisi memiliki beberapa arti yang menarik.

Pertama, emisi dapat merujuk pada pancaran cahaya, panas, atau elektron dari suatu permukaan benda padat atau cair. Jadi, bayangkan jika suatu benda melepaskan sinar atau panas yang memukau, itulah yang disebut dengan emisi.

Dasar dan Kelas

Dalam hal dasar dan kelas kata, emisi adalah sebuah nomina. Itu artinya, kata ini digunakan untuk menyebutkan suatu objek atau konsep.

Emisi adalah kata yang sangat fleksibel dan bisa kita temui dalam berbagai konteks, mulai dari ilmu pengetahuan hingga keuangan.

Definisi Arti Kata Emisi

Sekarang, mari kita bahas definisi dari kata emisi. Emisi secara umum mengacu pada pancaran atau pemancaran. Ini bisa berupa pancaran cahaya, panas, atau elektron dari suatu benda padat atau cair.

Selain itu, dalam konteks keuangan, emisi juga menggambarkan pengeluaran surat berharga seperti saham atau obligasi oleh perusahaan ketika mereka memerlukan tambahan modal.

Terakhir, emisi juga mengacu pada pengeluaran mata uang logam atau kertas oleh bank sentral.

Contoh Penggunaan

Sekarang, mari kita lihat beberapa contoh penggunaan kata emisi. Misalnya, Sinar matahari yang indah terlihat dari jendela, menjadikan emisi cahaya yang menakjubkan.

Atau, Perusahaan X mengadakan emisi saham baru untuk mendapatkan dana tambahan. Dan yang terakhir, Bank sentral melakukan emisi uang baru untuk mengatur likuiditas di pasar.

Sinonim dan Antonim

Saat kita membahas kata-kata, tidak ada salahnya juga untuk melihat sinonim dan antonimnya.

Sayangnya, dalam kasus emisi, sulit untuk menemukan sinonim yang tepat karena artinya sangat spesifik.

Namun, beberapa kata yang terkait adalah pancaran, pemancaran, atau pelepasan. Sementara itu, jika kita ingin mencari antonimnya, kita mungkin dapat menggunakan kata absorpsi yang berarti menyerap atau menahan sesuatu.

Etimologi

Mungkin kalian bertanya-tanya tentang asal-usul kata emisi. Secara etimologi, kata ini berasal dari bahasa Latin emissio, yang artinya adalah pengeluaran atau pelepasan.

Dalam bahasa Latin, kata emissio sendiri berasal dari kata kerja emittere, yang berarti melepaskan atau melepas. Jadi, kita bisa melihat bagaimana kata ini telah berkembang dari waktu ke waktu.

Tesaurus Arti Kata Emisi

Untuk melengkapi pengetahuan kita tentang kata emisi, kita juga bisa melihat dalam tesaurus. Tesaurus akan memberikan kita kata-kata yang memiliki arti yang serupa atau terkait. Beberapa kata yang mungkin akan muncul dalam tesaurus adalah pancaran, pemancaran, pelepasan, atau keluarnya.

Nah, itulah sedikit ulasan tentang arti kata emisi menurut KBBI. Setelah membaca artikel ini, apa yang kalian pikirkan tentang kata ini?

Apakah kalian pernah mendengar atau menggunakan kata emisi sebelumnya?

Bagikan pemikiran kalian di komentar!

Tunggu artikel menarik kami berikutnya. Sampai jumpa!

Dalam arti kata emisi menurut KBBI, apa yang dimaksud dengan pemancaran (surat berharga seperti saham, obligasi) oleh perusahaan pada saat perusahaan yang bersangkutan memerlukan tambahan modal?

Comments

No comments yet. Why don’t you start the discussion?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.