Pastikan Nutrisi Cukup Pada Masa Kehamilan Minggu Ke 0 – 12

Nutrisi Cukup Pada Masa Kehamilan Minggu Ke 0 - 12Kebutuhan nutrisi ibu hamil semakin meningkat seiring dengan tambahnya usia kandungan. Terutama kalau sudah memasuki usia trimester kedua. Karena di masa ini janin  tumbuh dengan pesat, terutama pada bagian susunan saraf dan otaknya . Nutrisi apa yang dibutuhkan pada masa hamil, sehingga harus senantiasa mencukupi kebutuhan tersebut?

Nutrisi Cukup Pada Masa Kehamilan Minggu Ke 0 – 12

1. Karbohidrat dan lemak. Kedua nutrisi tersebut sangat bermanfaat sebagai sumber tenaga. Sehingga tercipta kalori yang dibutuhkan untuk segala aktivitas harian. Sumber nutrisi ini bisa didapatkan pada nasi, umbi-umbian dan sebagainya.

2. Protein. Nutrisi ini sangat penting sebagai sumber zat pembangun. Protein bisa didapatkan pada kacang-kacangan, telur, ikan dan daging.

3. Mineral. Nutrisi ini berfungsi sebagai zat pengatur. Mineral bisa didapat pada makanan seperti sayur mayur dan buah-buahan segar.

4. Vitamin B. Vitamin B Kompleks bermanfaat dalam memelihara jantung, otot dan saraf. Sehingga organ ini bisa berfungsi dengan normal.  Makanan yang kaya nutrisi ini bisa didapatkan pada produk susu, telur, ragi, sayuran hijau, kacang-kacangan, biji-bijian dan serealia.

5. Vitamin D. Nutrisi ini bermanfaat dalam mendukung pembentukan dan pertumbuhan tulang bayi. Sumber nutrisi ini bisa diperoleh pada susu, kuning telur dan minyak hati ikan.

6. Vitamin E. Nutrisi ini bermanfaat dalam membentuk sel darah merah. Untuk menambah asupan nutrisi ini bisa mengkonsumsi sayuran hijau, kacang-kacangan dan gandum.

7. Asam folat. Nutrisi ini bermanfaat dalam perkembangan sel darah dan sistem saraf. Asam folat bisa didapatkan pada sayuran dengan warna hijau gelap, seperti brokoli, kembang kol dan bayam. Bisa juga diperoleh pada buah-buahan, seperti tomat, wortel, pisang dan jeruk. Sebanyak 8000 mcg asam folat dibutuhkan setiap hari, terutama di 12 minggu pertama selama hamil. Apabila asupan nutrisi ini tidak terpenuhi, maka bisa mengganggu pembentukan otak, hingga bisa mengakibatkan cacat bawaan di otak janin dan susunan saraf pusat.

8. Zat besi. Nutrisi ini diperlukan ibu hamil, agar bisa menghindari kondisi anemia. Zat besi bisa didapatkan pada hati, daging, daun pepaya, daun singkong, kangkung dan bayam.

9. Kalsium. Nutrisi ini sangat dibutuhkan untuk menunjang gigi dan tulang bayi. Termasuk sebagai perlindungan ibu hamil dari serangan osteoporosis. Apabila kebutuhan kalsium untuk janin tidak tercukupi, maka untuk memenuhinya tubuh akan mengambil kalsium yang terdapat di tulang ibu hamil. Kalsium bisa didapatkan pada kacang-kacangan dan sayuran hijau. Kalsium juga bisa didapatkan pada susu dan produk olahannya. Karena di dalam susu terkandung berbagai vitamin, seperti vitamin A, vB2, B3, C dan D.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.