Home / Kehamilan / Makanan dan Minuman Sebagai Pantangan Selama Kehamilan

Makanan dan Minuman Sebagai Pantangan Selama Kehamilan

Pantangan Selama Kehamilan

Pantangan Selama Kehamilan

Tumbuh kembang janin akan sangat terganggu, karena asupan makanan yang tidak tepat. Oleh karenanya ibu hamil tidak boleh mengkonsumsi makanan secara sembarangan. Sejumlah makanan dilarang dikonsumsi ibu hamil, karena terbukti bisa menimbulkan gangguan tertentu pada janin. Apa saja jenis makanan Pantangan Selama Kehamilan?

1. Makanan mentah

Gangguan kesehatan ibu hamil bisa datang dari asupan sayuran dan daging yang masih mentah. Daging setengah matang seperti sate atau sushi, adonan kue yang belum matang dan sayur lalapan terbukti masih mengandung parasit, virus dan bakteri dengan kadar tinggi. Dengan begitu sangat mengganggu tumbuh kembang janin.

Ibu hamil akan rentan dengan risiko keguguran, apabila asupan makanan belum benar-benar matang tersebut sering dikonsumsi saat usia kandungan masih muda.  Sayuran yang masih mentah, seperti kecambah mentah diketahui mengandung bakteri lebih tinggi daripada sayuran lainnya. Jadi untuk mencegah bahaya tersebut, sangat wajib untuk memasak bahan makanan tersebut sampai benar-benar matang, sehingga risiko kesehatan ibu hamil dan janin tidak terancam.

2. Ikan yang mengandung merkuri tinggi

Ikan sebenarnya mengandung nutrisi yang sangat menunjang kesehatan ibu hamil dan janinnya. Tapi Anda tidak boleh sembarangan dalam pemilihan ikan yang layak dikonsumsi. Karena meskipun kaya nutrisi, ikan juga mengandung merkuri yang bisa berbahaya bagi kesehatan. Oleh karenanya hindari menyantap ikan yang mengandung kadar merkuri tinggi, seperti tilefish, ikan todak dan ikan mackerel. Merkuri bisa merusak perkembangan sistem saraf dan otak janin. Ikan salmon lebih disarankan, tapi tetap harus membatasi asupan maksimal 12 ons dalam seminggu.

3. Minuman beralkohol

Minuman keras bisa menjadi penghambat sirkulasi oksigen dan nutrisi pada janin. Selain itu minuman beralkohol juga bisa berpengaruh besar pada kinerja otak janin. Dengan begitu konsumsi minuman ini bisa menyebabkan bayi terlahir dengan gangguan fisik tertentu, bahkan menderita gangguan kecerdasan.

4. Minuman berkafein

Minuman kopi memang sangat menyegarkan tubuh dan juga bisa meningkatkan semangat. Sayangnya bagi ibu hamil bisa mengakibatkan berbagai risiko berbahaya bagi janin. Risiko tersebut bisa berupa  bayi lahir dengan berat badan rendah, keguguran janin bahkan memicu kematian bayi saat dilahirkan.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.