Home / Kehamilan / Mengenali Nyeri Payudara Selama Masa Kehamilan

Mengenali Nyeri Payudara Selama Masa Kehamilan

Mengenali Nyeri PayudaraNyeri payudara adalah salah satu tanda kehamilan yang sering dialami oleh para wanita. Rasa nyeri ini sendiri bisa muncul pada trisemester pertama, kedua ataupun ketiga. Tak jarang memang para wanita merasa kewalahan dengan hal tersebut. Jika rasa nyeri timbul pada trisemester akhir, ini bisa menandakan bahwa Anda siap menyusui. Hanya saja, Anda bisa sedikit mengurangi rasa nyeri ini dengan tindakan dan pengetahuan sederhana.

Mengenali Nyeri Payudara

Untuk Anda yang baru saja memasuki masa hamil, berikut beberapa pertanda nyeri payudara.

1. Trisemester pertama

Sinyal pertama bahwa Anda hamil bisa dilihat dari perubahan payudara yang semakin lembut. Ini menandakan bahwa tubuh sudah siap untuk fase menyusui. Biasanya, beberapa orang mengalami hal tersebut setelah 2 minggu pembuahan. Dimana hormon esterogen dan progesteron mengalami peningkatan dan memicu rasa nyeri. Hanya saja rasa nyeri tersebut mirip ketika Anda memasuki siklus bulanan atau menstruasi.

2. Trisemester kedua

Memasuki trisemester kedua, ukuran payudara Anda akan mengalami peningkatan. Pada fase kehamilan ini, payudara mulai menyiapkan ruang untuk persediaan susu bagi buah hati. Timbunan lemak pun semakin menambah ukuran payudara dari yang sebelumnya. Rasa nyerinya akan berkurang dari trisemester pertama. Tapi tetap saja puting Anda jauh lebih lembut dari sebelumnya dan bertahan hingga Anda melahirkan sang buah hati.

3. Trisemester ketiga

Fase ini adalah masa terakhir menjelang kelahiran dan menyambut kehadiran sang buah hati. Ukuran payudara semakin membesar karena hormon prolaktin yang memproduksi kelenjar susu kolostrum. Payudara Anda akan terasa begitu berat dan penuh selama masakehamilan tersebut. Kondisi ini akan bertahan hingga Anda menjalani proses melahirkan.

Cara penanganannya sendiri cukuplah mudah. Anda hanya perlu memperhatikan pengenaan bra yagn nyaman untuk menunjang aktivitas. Pengenaan bra yang salah bisa memperburuk kondisi nyeri payudara yang umum dialami tersebut. Pertambahan ukuran payudara hendaklah disikapi secara bijak. Sebuah situs merilis bahwa mengenakan bra pada saat tidur selama kehamilan bisa membantu Anda mengatasi masalah tersebut. Dengan catatan Anda tetap memperhatikan ukuran bra yang digunakan sehari-hari

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.