Terapi Pijat pada Bayi dan Balita – Tumbuh Kembang Anak

Terapi Pijat pada Bayi dan Balita

Anda adalah orangtua yang sangat memperhatikan tumbuh kembang buah hati? Beberapa kegiatan dibawah ini dapat membuat buah hati Anda berkembang normal sesuai usianya. Pijat adalah salah satu kegiatan yang bisa dilakukan pada bayi dan balita Anda untuk merangsang perkembangannya. Manfaat pijat juga banyak.

Pijat pada bayi bisa membuatnya jarang menangis atau mengurangi intensitasnya untuk menangis. Terutama bagi para bayi yang sepertinya senang sekali menangis hanya untuk menarik perhatian orangtua. Pijat juga bermanfaat untuk menaikkan berat badan pada bayi atau balita, membuat bayi mudah tertidur lelap, dapat melatih perkembangan motorik anak seperti kontak mata dengan ibu dan sebagainya.

Beberapa manfaat pijat antara lain membantu bayi untuk buang air besar jika pijat pada bagian perut. Lalu pijat juga berfungsi untuk mengurangi level stress pada anak Anda.

Nah jika sudah mengetahui manfaat pijat yang cukup banyak, Anda tak perlu ragu memijat bayi atau balita secara teratur. Apalagi sudah banyak tempat penitipan anak atau klinik yang juga mengadakan terapi pijat yang bisa diikuti. Berikut ini terapi pijat pada bayi dan balita yang bisa Anda lakukan dan pahami.

Terapi Pijat pada Bayi dan Balita

Pertama, pijat dengan lembut di bagian dada. Caranya telapak tangan terbuka ke tengah dada bayi. Kemudian ibu atau pemijat bisa mengesernya secara diagonal ke kanan atas, ke tengah, ke kiri atas dan kembali lagi ke tengah.Cara ini  bisa dilakukan berulang-ulang: kiri bawah kembali ke tengah, kanan bawah kembali ke tengah dan seterusnya.

Kedua, pijat pada bagian paha dan betis. Caranya peganglah kedua paha bayi dengan kedua tangan kita. Gerakannya berputar dari dalam ke arah luar dan bergerak turun menuju betis. Ulangi ke atas dengan gerakan sama.

Ketiga, memijat kaki dari arah tumit ke jari kaki bayi. Remas jari tersebut satu persatu, pijat punggung kaki dari arah mata kaki hingga ke jari kaki.

Keempat, pijatan pada wajah dimulai dari tengah menuju samping kiri, ke tengah lagi dan menuju samping kanan.

Kelima adalah pijatan pada perut. Pijatannya seperti mengukir i love you di kulit bayi atau balita. Caranya dengan 2 -3 jari membentuk huruf I-L-U dari arah bayi atau dari arah kita berarti membelakangi. Urut kiri bayi dari bagian bawah iga ke bawah (huruf I), urut melintang dari kanan ke kiri lalu turun ke bawah (huruf L), pijat dari kanan bawah naik ke kanan atas melengkung membentuk huruf U dan turun lagi ke kiri bayi. Ingat, semua gerakan akan berakhir di kiri perut kirinya.

Terakhir adalah memijat tangan dimulai dari pangkal lengan turun ke tangan, kembali diulangi dari pangkal lengan ke tangan.

Sebenarnya teknik memijat tak terlalu diutamakan, yang terpenting adalah kebersamaan antara ibu dan bayinya. Maka sebaiknya lakukan rutin dan ibu bisa coba memijat dengan lembut agar kontak fisik sering dilakukan. Nah, selamat mencoba.

Related Post

Leave a Reply