4 Makanan Yang Baik Untuk Kehamilan –  Minggu ke 0 – 12

4 Makanan Yang Baik Untuk Kehamilan -  Minggu ke 0 - 12

4 Makanan Yang Baik Untuk Kehamilan –  Minggu ke 0 – 12

Makanan sehat yang kaya nutrisi yang dibutuhkan ibu hamil dan janin adalah makanan yang sangat baik dikonsumsi dalam masa kehamilan. Asupan makanan memang harus selektif, hal ini guna menjaga kesehatan ibu hamil dan janin. Termasuk agar bayi bisa lahir dengan normal dan sehat, tanpa gangguan kesehatan apapun. Makanan apa saja yang sangat disarankan dikonsumsi oleh ibu hamil?

1. Telur

Elizabeth Ward seorang ahli gizi ternama mengatakan kalau telur memiliki kandungan mineral dan 12 vitamin serta protein berkualitas. Dengan begitu sangat menunjang masa kehamilan. Tak hanya itu, telur juga tinggi kandungan kolinnya.  Nutrisi ini sangat penting dalam menunjang kesehatan otak dan tumbuh kembang bayi, termasuk sebagai pencegah cacat tabung saraf. Lemak omega 3 juga terkandung di dalam telur, sehingga sangat membantu perkembangan otak dan meningkatkan fungsi penglihatan.

2. Ikan salmon

Ikan ini kaya akan kandungan protein dan lemak omega 3. Kandungan merkuri di dalam ikan ini terbilang sangat rendah, sehingga sangat aman bagi ibu hamil. Kandungan merkuri yang terlalu tinggi diketahui bisa mengganggu perkembangan sistem saraf bayi. Agar ibu hamil bisa mendapatkan manfaat dari kandungan nutrisinya tapi tidak terpapar merkuri berlebihan, maka tidak boleh menyantap ikan salmon secara berlebihan. Dalam seminggu maksimal konsumsi ikan ini hanya 12 ons saja.

3. Kacang

Kacang buncis adalah jenis kacang-kacangan yang dipercaya lebih baik. Karena kacang ini mengandung protein dan serat dalam kadar lebih banyak dibandingkan dengan jenis sayuran lainnya.  Saat  masa hamil, proses di dalam saluran pencernaan bisa berlangsung lebih lambat. Sehingga ibu hamil bisa terancam wasir dan sembelit, tapi dengan pasokan serat mencukupi permasalahan tersebut bisa dicegah dengan baik. Makanan dengan serat tinggi pada umumnya juga diperkaya dengan nutrisi penting lainnya. Kacang buncis adalah sumber dari seng, kalsium, asam folat dan zat besi.

4. Ubi jalar

Ubi jalar berwarna oranye yang terbentuk dari karotenoid yang merupakan pigmen tanaman yang akan diubah menjadi vitamin A di dalam tubuh. Tapi zat karotenoid hanya akan diubah menjadi vitamin A, kalau dibutuhkan oleh tubuh. Jadi Anda tidak perlu membatasi asupan vitamin A yang bisa didapatkan dari sayuran dan buah. Ubi jalar juga mengandung serat, asam folat dan vitamin C. Jenis makanan ini terbilang murah dan mudah didapatkan.

Label Posts:

menu makanan untuk kehamilan 12 minggu, nutrisi untuk janin 12 minggu, makanan untuk ibu hamil 3 minggu, makanan yang baik untuk ibu hamil 12 minggu, makanan untuk ibu hamil 12 minggu, Makanan yg baik untuk ibu hamil 3minggu, makanan yg baik untuk hamil 4-5 minggu, makanan yang penting untuk ibu hamil 12 minggu, makanan yang harus dikonsumsi saat hamil 4 minggu, Makanan yang baik untuk ibu hamil usia 12 minggu,

Leave a Reply