Home / Kehamilan / Apakah Harus Makan Dua Kali Lebih Banyak di Masa Kehamilan?

Apakah Harus Makan Dua Kali Lebih Banyak di Masa Kehamilan?

Makan Dua Kali Lebih Banyak di Masa Kehamilan?

Makan Dua Kali Lebih Banyak di Masa Kehamilan?

Porsi makan ibu hamil biasanya meningkat, karena makanan yang dikonsumsi itu akan digunakan oleh dua orang yakni ibu hamil dan janin yang di kandungnya. Energi yang dibutuhkan ibu hamil juga meningkat, sehingga asupan makanan dengan gizi seimbang dalam porsi yang lebih banyak sangat dibutuhkan. Jadi kalau porsi makan ibu hamil meningkat  dua kali lipat, hal itu bukan kondisi yang harus dihindari.

Meningkatkan pasokan kalori

Ketika di dalam kandungan, kesehatan janin sangat tergantung dari asupan makanan sang ibu. Asupan makanan yang lebih banyak memang akan mengakibatkan berat badan meningkat. Tapi kondisi ini tidak akan mengganggu kesehatan ibu hamil. Apabila berat badan ibu hamil meningkat 10 kilogram sampai 13 kilogram, kondisi ini tidak perlu dikhawatirkan. Karena merupakan kondisi wajar atau normal bagi seorang wanita yang tengah hamil.

Tingkatkan asupan kalori terutama kalau usia kehamilan telah memasuki trimester ketiga. Peningkatan kalori cukup berkisar 200 sampai 300 kalori saja dalam setiap harinya.  Penambahan kalori memang tidak begitu banyak, tapi sudah cukup untuk menunjang kesehatan dan energi selama sedang hamil. Agar asupan makanan berkalori ini tidak berlebihan, lebih baik Anda berkonsultasi dengan dokter kandungan atau ahli gizi. Dengan begitu Anda mendapatkan informasi takaran dan jenis makanan yang lebih baik dikonsumsi sesuai dengan kondisi tubuh Anda.

Konsumsi makanan sehat dengan gizi seimbang

Makanan sehat bergizi seimbang harus selalu dikonsumsi oleh ibu hamil. Karena berbagai nutrisi penting sangat dibutuhkan dalam menunjang masa kehamilan dan tumbuh kembang janin. Sebaiknya menjauhi camilan yang bercitrasa manis. Karena sangat berpengaruh pada meningkatkan kadar gula darah. Sehingga kondisi ini bisa memicu serangan diabetes yang berakibat pada janin yang dikandung. Konsumsi makanan manis secara berlebihan juga bisa menjadikan metabolisme tubuh mengalami gangguan dan bisa mengakibatkan ibu hamil merasa gampang didera rasa pusing.

Sangat dianjurkan untuk ibu hamil untuk menyantap makanan dalam porsi sedikit tapi lebih sering dilakukan. Sehingga kebiasaan baik ini akan membuat perut terasa selalu kenyang. Cara ini sangat efektif guna mencegah rasa mual dan meningkatkan energi.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.