Home / Kehamilan / Cara Mengatasi Morning Sickness Pada Ibu Hamil

Cara Mengatasi Morning Sickness Pada Ibu Hamil

Cara Mengatasi Morning Sickness Pada Ibu Hamil

Cara Mengatasi Morning Sickness Pada Ibu Hamil

Wanita mana yang tak ingin hamil? Semua wanita tentunya mengharapkan anugerah Tuhan yang satu ini untuk melengkapi hari-harinya. Meskipun sudah menikah, tak semua wanita langsung dikarunia buah hati. Setidaknya mereka harus menanti beberapa bulan atau tahun untuk bisa menimang momongan. Kehamilan menjadi proses yang ditunggu-tunggu tatkala penantian panjang yang menguras tenaga.

Untuk Anda yang baru pertama kali menunggu saat-saat berbahagia ini, biasanya sedikit kebingungan. Pasalnya beberapa tanda wanita hamil sering kali tak terlihat. Namun, salah satu yang bisa Anda perhatikan adalah morning sickness atau mual di pagi hari. Rasa mual seperti ini kerap muncul di pagi hari tatkala sang wanita terbangun dari tidur. Perlu diketahui, mual yang diderita berbeda dari mual akibat maag ataupun nyeri lambung lainnya.

Morning sickness nyatanya terjadi pada trisemester pertama atau 3 bulan awal. Hal ini bisa diakibatkan oleh beberapa hal, yaitu makanan yang dikonsumsi serta aroma tak sesuai. Tingkatan mual itu sendiri berbeda-beda pada wanita yang mengalami kehamilan. Kondisi ini sendiri turut pula dipengaruhi oleh peningkatan hormonal yang terjadi di dalam tubuh. Untuk mengatasinya, Anda bisa mengkonsumsi makanan dalam porsi kecil namun sering.

Usahakan pula untuk tidak makan terlalu banyak yang menyebabkan Anda merasa kembung. Pilihlah makanan yang memang kaya akan karbohidrat serta protein. Memperbanyakan konsumsi buah dan sayuran juga bisa membantu Anda menghilangkan rasa mual. Kandungan vitamin serta mineral di dalam buah bisa menekan timbulnya mual yang acap kali terjadi. Anda bisa pula berhenti perlahan ketika bangun tidur, caranya dengan tidak langsung bangun.

Duduk perlahan setelah bangun tidur bisa menetralisir perasaan mual di perut. Pada awal kehamilan seperti ini pun, Anda dianjurkan untuk mengkonsumsi makanan ringan seperti snack atau biskuit. Tujuannya agar Anda tak begitu terbebani dengan morning sickness yang sering dikeluhkan. Satu hal yang perlu diingat, jangan membiasakan diri mengkonsumsi makanan pedas dan berminyak. Makanan berlemak pun diyakini mampu memperparah rasa mual Anda di pagi hari.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.