Home / Kehamilan / Keluhan Masa Hamil Pada Minggu ke 0 – 12 Atau Trimester Pertama

Keluhan Masa Hamil Pada Minggu ke 0 – 12 Atau Trimester Pertama

keluhan masa hamil pada trisemester pertama

Keluhan Masa Hamil

Beragam keluhan biasanya dirasakan oleh ibu hamil sepanjang masa kehamilannya. Perubahan bentuk tubuh dan hormon memang mengakibatkan ibu hamil menderita keluhan tersebut. Rasa tidak nyaman pastinya dirasakan oleh ibu hamil. Sebenarnya apa saja keluhan masa hamil yang biasanya diderita oleh ibu hamil?

Rasa sakit pada daerah pinggang dan punggung

Kondisi ini terjadi karena ibu hamil terlalu kelelahan atau baru saja menjalani aktivitas fisik terlalu berlebihan. Lebih baik mengurangi aktivitas fisik agar tidak terlalu kelelahan. Termasuk menjaga postur tubuh saat duduk dan berdiri. Pastikan bagian tulang belakang selalu dalam kondisi tegak dan hindari posisi punggung terlihat bungkuk.

Merasa mudah lelah

Keluhan ini pada umumnya sering dialami ibu hamil pada fase trimester ketiga atau terakhir. Oleh karenanya sangat penting untuk mengurangi aktivitas fisik berlebihan dan menambah waktu istirahat. Kondisi tubuh ini memang harus terus diperhatikan untuk menghadapi masa persalinan yang membutuhkan energi lebih banyak.

Berkunang-kunang

Ibu hamil yang menderita tekanan darah rendah akan sering mengalami keluhan ini. Apabila Anda mengalaminya, maka kalau kunang-kunang menyerang harus segera mengambil posisi duduk. Posisi kedua kaki bisa dalam kondisi selonjor atau mengangkat kedua kaki tersebut.

Bengkak

Kondisi bengkak ini bisa dicegah dengan menjaga asupan makanan dan minuman. Sangat disarankan untuk mengurangi konsumsi minuman teh dan kopi. Asupan air putih sangat penting untuk ditingkatkan.  Saat beristirahat sangat disarankan berada dalam posisi kaki lebih tinggi daripada posisi kepala. Caranya bisa dengan menaruh beberapa tumpuk bantal di bagian bawah kaki.

Insomnia

Sulit tidur atau insomnia bisa saja diderita oleh ibu hamil. Kondisi ini bisa diakibatkan oleh beragam keluhan lainnya yang membuat waktu istirahat terganggu. Untuk mengatasi kesulitan tidur ini bisa dengan melakukan pijatan pada seluruh tubuh. Sehingga tubuh terasa lebih relaks dan memudahkan untuk tidur.

Kram kaki

Untuk mencegah dan mengatasi kram kaki bisa dengan meningkatkan asupan makanan, seperti sarden, salmon, olahan susu dan susu.  Apabila kram menyerang, maka segera ambil posisi duduk dan meluruskan kaki yang mengalami kram. Kemudian menekuk bagian ujung jari dan menariknya mengarah ke tubuh. Anda bisa mengulangi gerakan tersebut hingga derita kram menghilang.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.