Home / Kehamilan / Tanda-tanda Khusus Wanita Sedang Hamil ?

Tanda-tanda Khusus Wanita Sedang Hamil ?

Tanda-tanda Khusus Wanita Sedang HamilKATAKAN, ‘Saya Hamil’

Hamil adalah kondisi yang sangat membahagiakan setiap pasangan muda. Apalagi bagi mereka yang sudah mengharapkannya sejak lama.

Mendapatkan keturunan adalah sukacita setiap pasangan, untuk itu ada baiknya mengetahui berbagai tanda kehamilan. Sehingga saat memastikan kehamilan dengan mengunjungi dokter, Anda akan bersemangat dengan berkata Katakan, ‘Saya Hamil.’

Apa saja sebenarnya tanda-tanda khusus yang menyatakan seorang wanita sedang hamil?

Tanda-tanda Khusus Wanita Sedang Hamil

Perubahan pada payudara

Ukuran payudara akan lebih besar apabila seorang wanita sedang hamil. Kondisi ini diakibatkan oleh peningkatan produksi hormon prosgesteron dan esterogen. Tekstur payudara juga terasa semakin lembut, keadaan ini akan memicu rasa sensitif, sehingga terasa nyeri kalau dipegang. Puting susu juga ikut membesar dan warna puting bertambah gelap. Terkadang puting susu juga terasa gatal.

Morning sickness

Separuh wanita yang sedang hamil biasanya mengalami morning sickness atau rasa mual dan muntah. Kondisi ini dipicu oleh meningkatkan hormon secara mendadak di dalam sirkulasi darah. Hormon ini dinamakan Human Chorionic Gonadotrophin atau HCG. Peningkatan hormon ini juga dialami saluran berkemih. Sehingga alat test pack memakai air seni untuk mengetahui peningkatan hormon tersebut atau mengetahui apakah seorang wanita sedang hamil atau tidak.

Peningkatan hormon HCG ini berdampak pada rasa pedih di bagian perut yang memicu rasa mual. Kondisi ini biasanya menghilang dengan sendirinya saat kehamilan memasuki trimester kedua.  Tapi kalau masih merasakan kondisi ini, sebaiknya lakukan pemeriksaan secara intensif.

Seperti namanya mual ini biasa terjadi pada pagi hari, tapi terkadang juga terjadi di malam hari. Intensitas bisa terjadi lebih sering, karena morning sickness bisa dipicu karena mencium wewangian atau aroma tertentu.

Sering merasa sakit kepala dan pusing

Gangguan ini seringkali dirasakan ibu hamil yang disebabkan oleh kondisi fisik, seperti tekanan darah rendah, lapar, mual, dan lelah. Kondisi emosional juga bisa memicu rasa sakit kepala dan pusing, seperti depresi dan perasaan tegang. Kala ibu hamil mengubah posisi tertentu dan terjadi peningkatan pasokan darah ke semua tubuh, maka bisa mengakibatkan keluhan tersebut.

Masih banyak tanda-tanda lainnya yang biasanya dialami, seperti ditemukan bercak darah yang dibarengi dengan kram perut, intensitas buang air kecil lebih sering, mudah mengantuk, menderita sembelit, sering meludah, suhu basal tubuh meningkat dan sebagainya. Pada umumnya setiap wanita hamil akan merasakan tanda-tanda yang tidak sama.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.