Home / Kehamilan / 4 Cara Menyiasati Rasa Lelah yang Dialami Ibu Hamil

4 Cara Menyiasati Rasa Lelah yang Dialami Ibu Hamil

4 Cara Menyiasati Rasa Lelah yang Dialami Ibu Hamil

Perubahan bentuk tubuh serta sistem metabolisme yang berubah ternyata mempengaruhi stamina wanita. Hal ini acap kali dijumpai pada wanita hamil yang tengah menyesuaikan dirinya. Tingkat kelelahan pada setiap wanita pun berbeda-beda antara satu dengan yang lainnya. Umumnya mereka akan mengalami kelelahan pada trisemester pertama dan ketiga. Hal ini dikarenakan produksi hormon-hormon baru yang sebelumnya belum pernah terjadi.

Trisemester pertama kehamilan, sistem tubuh ibu akan bekerja sangat berat. Hal ini dikarenakan pembentukan plasenta untuk perkembangan sang janin di dalam kandungan. Tak hanya itu, hormon metabolisme tubuh pun mengalami perubahan secara drastis. Bila sebelumnya metabolisme bekerja stabil, tak begitu halnya dengan ibu hamil. Rasa lelah pun diperparah dengan tekanan darah serta kadar gula darah yang cenderung makin menurun.

4 Cara Menyiasati Rasa Lelah

Untuk beberapa kasus, dokter umumnya memberikan beberapa obat mengatasinya. Perubahan-perubahan fisik dan mental inilah yang acap kali membuat stress para wanita hamil. Anda bisa mengurangi rasa lelah dengan beberapa cara, yaitu.

1. Konsumsi makanan bergizi dan sehat

Usahakan Anda tak membiarkan perut dalam kondisi lapar. Kondisi ini bisa memicu rasa mual serta kelelahan yang amat sangat. Anda bisa menjaga pola makan dengan konsumsi makanan yang kaya karbohidrat serta protein. Sehingga perut bisa memenuhi kebutuhan tubuhnya.

2. Makan sesering mungkin

Ibu hamil memang sering merasakan lapar, berbeda dengan wanita umumnya. Oleh karena itu, Anda perlu makan 5 hingga 6 kali dalam sehari. Cara ini bisa menjaga kadar gula darah Anda tetap normal dan menghindari kelelahan selama kehamilan.

3. Lakukan olahraga ringan setiap hari

Olahraga ringan tak hanya menjaga kondisi tubuh tetap prima, namun memperbaiki kualitas tidur Anda. Dengan begini, tubuh bisa terjaga dengan kondisi prima sepenuhnya. Salah satu olahraga yang cocok semasa kehamilan adalah jalan kaki di pagi hari.

4. Pahami perubahan tubuh Anda

Luangkan waktu Anda untuk beristirahat ketika merasa kelelahan. Biasakan pula tidur lebih awal agar kondisi tubuh kembali fresh keesokan harinya. Bila Anda risau dengan pekerjaan yang menumpuk, cobalah untuk tak menghiraukannya sejenak.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.