Home / Kehamilan / Konsumsi Makanan Sehat Selama Masa Hamil

Konsumsi Makanan Sehat Selama Masa Hamil

Saran dan Tips Praktis Ketika hamil

Saran dan Tips Praktis Selama hamil

Ibu hamil tak hanya memenuhi kebutuhan asupan gizinya saja, namun juga si jabang bayi di dalam kandungan. Sehingga mau tak mau mereka harus memperhatikan setiap makanan yang dikonsumsi. Apakah telah memenuhi makanan 4 sehat 5 sempurna atau belum? Karena pastinya mereka tidak ingin pertumbuhan sang jabang terhambat atau terlahir premature karena kekurangan gizi. Tak jarang bila akhirnya para ibu hamil memilih cara hidup sehat selama masa kehamilan.

Dokter ahli menyarankan agar para ibu mengkonsumsi menu seimbang. Menu seimbang disini adalah memperhatikan piramida makanan guna menyeimbangkan segala kebutuhan. Mulai dari karbohidrat, protein, mineral hingga vitamin. Bukan tidak mungkin, jumlah normal harus berkali lipat mengingat tumbuh kembang janin bergantung pada sang ibu. Sebelumnya, Anda pun harus rajin bertanya dengan dokter atau ahli nutrisi untuk penderita penyakit tertentu.

Berikut beberapa tips seputar menu makanan sehat bagi ibu hamil.

  • Usahakan memilih menu makanan bervariasi dari tingkatan piramida yang sama. Hal ini untuk menjamin terpenuhinya keseimbangan nutrisi yang diperlukan selama kehamilan.
  • Jangan membiasakan diri mengkonsumsi suplemen tanpa saran dokter. Jika Anda merasa sulit memenuhi asupan gizi dan nutrisi, mintalah saran dokter demi jalan terbaik.
  • Anda tetap harus makan 3 kali dalam sehari dengan nutrisi seimbang. Selingi pula dengan mengkonsumsi cemilan sebanyak 2 hingga 3 kali dalam sehari.
  • Untuk memenuhi kebutuhan akan serat, Anda bisa memperbanyak konsumsi buah-buahan. Tak hanya buah-buahan memang, Anda disarankan pula untuk mengkonsumsi gandum serta biji-bijian selama masa kehamilan.
  • Mengkonsumsi 8 gelas air putih dalam sehari menjadi hal mutlak yang harus dilakukan. Anda bisa pula menambahkannya dengan konsumsi susu rendah lemak serta jus buah yang dikombinasikan dengan sayuran.
  • Bila dibutuhkan, tak ada salahnya pula mengkonsumsi 1 porsi ikan kaya minyak dan satu porsi ikan daging putih setiap minggunya. Kandungan omega 3 serta AHA yang tinggi diyakini mampu meningkatkan kecerdasan calon buah hati Anda. Siapa yang tak ingin memiliki putra-putri pintar di kemudian hari?

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.