Mengendalikan Emosi Saat Kehamilan

Mengendalikan Emosi Saat Kehamilan

Emosi Saat Kehamilan

Saat sedang hamil seorang wanita terlihat gampang marah dan sangat sensitif. Pengaruh hormon tertentu memang mengakibatkan ibu hamil mengalami kondisi ini. Jadi tak heran bagi sang suami atau orang terdekat lainnya merasakan efek dari emosi yang tak terkontrol ini. Sebagian besar orang berpendapat kalau wanita hamil yang mudah emosi merupakan kondisi alamiah.

Tapi jangan sampai emosi tidak stabil ini berkembang menjadi terlalu berlebihan. Karena bisa saja berpengaruh pada tumbuh kembang janin. Karena buah hati bisa terlahir dengan berat badan yang rendah, termasuk bisa mengakibatkan komplikasi ketika masa persalinan dan keguguran. Oleh karenanya ibu hamil harus mampu mengontrol emosinya, sehingga tidak terjadi hal yang tidak diinginkan. Apa saja tips yang bisa diterapkan untuk mengendalikan emosi saat kehamilan?

Konsumsi makanan sehat

Pola makan sehat harus senantiasa dikonsumsi oleh ibu hamil dan pastikan juga asupan nutrisi yang dibutuhkan janin terpenuhi. Jangan juga mengkonsumsi makanan dengan porsi berlebihan, karena bisa berdampak negatif seperti badan bayi mengalami kelebihan berat badan saat lahir. Pasokan protein dan karbohidrat bisa ditingkatkan saat sedang hamil. Mengkonsumsi roti gandum, sayuran hijau dan kacang-kacangan sangat disarankan. Jangan lupa juga selalu menyantap buah-buahan segar di setiap saat.

Menjalankan olahraga dengan rutin

Cara ini sangat membantu dalam mengendalikan emosi berlebihan saat sedang hamil. Latihan yoga bisa dilakukan, sebaiknya memilih gerakan sederhana sekitar 15 menit. Berjalan kaki juga merupakan olahraga yang sangat dianjurkan. Manfaat dari olahraga bisa membuat fisik dan emosi terasa lebih nyaman. Cara ini juga mengakibatkan sirkulasi darah berjalan dengan lancar, sekaligus mencegah timbulnya keluhan seperti sakit punggung dan kaki bengkak.

Ciptakan waktu bersantai

Bersantai adalah cara tepat dalam menghabiskan waktu secara berkualitas. Ibu hamil bisa menjalani kegemarannya, bisa juga dengan pergi ke salon untuk memanjakan diri, mendengarkan musik dan menonton film favorit. Dengan begitu kondisi ini membuat ibu hamil merasa semakin nyaman dan bisa mengendalikan emosi berlebihan. Sehingga keadaan ini sangat membantu dalam menjaga kesehatan janin di dalam kandungan.

Label Posts:

cara mengontrol emosi saat hamil,

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.